Kolom Boen Syafi’i: HIJRAHNYA SI ARIE KE HULAIHI WATU ULO

https://www.youtube.com/watch?v=BBkGrxtEccE

Boen Safi'iSetiap cerita tentu mempunyai makna, dan setiap makna pasti ada sebuah hal mendasar yakni berupa pesan yang ingin disampaikan. Seperti halnya film animasi anak Upin Ipin buatan negeri jiran Malaysia. Sebenarnya apa sih pesan yang ingin disampaikan oleh film ini?

Menurut Gus Wafiq, sejatinya pesan yang ingin disampaikan oleh film animasi ini adalah kesetaraan ras dan suku bangsa.

Dari tokoh-tokoh animasinya saja bisa kita lihat, mereka mempunyai etnis yang berbeda-beda. Ada Upin Ipin yang mewakili ras Melayu, Jarjit keturunan India, Mei Mei anak Tionghoa dan Susanti sendiri berasal dari Indonesia. Namun, ternyata film animasi ini hanya sekedar film saja, entertain and not more.

Pesan mulia yang ingin disampaikan oleh Upin Ipin Cs tidak sampai kepada bangsanya sendiri. Rakyat di sana malah menyukai perilaku intoleran dan rasial. Buktinya, mereka melakukan aksi demo 812 yang bertujuan untuk menolak penghapusan Pasal 153 oleh koalisi Pakatan pimpinan Datuk Anwar Ibrahim. Pasal intoleran, yang berisi tentang pengaturan etnis Melayu lebih unggul daripada etnis lainya. Mirip sodaranya si kamvret 212 yang berada di Indonesia, vukan?

Dan, uniknya, acara kenthir seperti ini mendapatkan tanggapan yang positif dari selebritis Tanah Air si Ari Untung, yang baru “hijroh” (katanya). Ediaaaaaan, demo menolak penghapusan UU yang rasial dan diskriminatif malah dikatakan sebagai ukhuwah Islamiyah?

Ukhuwah, gundulmu apek? Ukhuwah itu ya gak harus merugikan yang lainnya, toh, Bang Untung? Kalau merugikan itu namanya ukhuwah Monaslimin wal Monaslimat, yang sering berkata: “Tipimu merk apa, hah?!” Uhh, saya kira kamvret itu hanya ada di Indonesia. Ternyata negeri jiran sana juga keracunan hal serupa.

class=”text_exposed_show” style=”text-align: justify;”>Sebelum hijrah: “Saya pendosa berat ya Tuhan.” Setelah hijrah: “Cebong kapir, vangsat, liveral, fki !!!!” Ini hijrah agama apa hijrah partai, Bang? Ah, hijrahnya si Ari Untung rasa hulaihi watu ulo yang …………….

“Emejing Warbiasyah

“Salam Jemblem..
dari juragan jemblem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.