15 USAHA SI ANAK BAWANG BUNGKAM MULUT RIZAL RAMLI

0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

Oleh: JEB SITEPU (Medan)

Rijal Ramli (RR) bikin sensasi lagi, mengomentari hal yang tidak dia pahami. Dia mempertanyakan dari mana uang Kaesang membeli Saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP). Saham PMMP tersebut dijual seharga Rp. 490. Dengan harga segitu, Kaesang memborong sebanyak 188,24 juta lembar dengan total harga Rp 92,2 miliar atau setara 8% dari total keseluruhan saham PMMP.

Emang dari mana sih uang Kaesang, yang menurut RR itu merupakan seorang anak bawang? Mari kita ulas bisnisnya. 

1. Hompimpa Games

Sebelum Kaesang mendirikan brand makanan Sang Pisang, dirinya sudah mendirikan Hompimpa Games. Hompimpa Games adalah produk board game yang dengan jenis permainan tradisional mulai dari Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki.

2. SangJavas

SangJavas merupakan merk kaos dengan design kecebong. Diluncurkan pada 27 Agustus 2017, SangJavas bisa dibeli lewat website sangjavas.com ataupun website market place lain. Perbulan tidak kurang dari 500 potong kaos kecebong SangJavas terjual.

3. SangPisang

Sebelum Kaesang lulus kuliah, dirinya mengikuti jejak sang kakak Gibran (Founder Chillipari) dengan membuka usaha kuliner yang diberi nama SangPisang.

Dilansir dari CNBC Indonesia hingga Maret 2021 SangPisang sudah memiliki lebih dari 70 outlet/cabang yang tersebar di 28 Kabupaten/ kota di Indonesia, Singapura dan Malaysia. Omset bulanannya Rp. 30 Miliar.

4. MangkoKu

Bisnis ini dibuka oleh Gibran Rakabumi dan Kaesang pada 20 Juni 2019. Tak tanggung, mereka berkolaborasi dengan juri Master Chef Indonesia, Arnold Poernomo.

5. Medhang

Medhang merupakan sebuah aplikasi yang membantu para ibu yang ingin memasarkan masakannya. Dibuat atas kerjasama Kaesang dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. 

Diluncurkan pada 11 Desember 2017. Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 2000 warung yang menjajakan makanannya via Aplikasi Medhang.

6. Ternakopi

TernaKopi merupakan merk dagang bagi produk minuman berbahan kopi milik Kaesang yang, lagi-lagi, berkolaborasi dengan Gibran. Saat ini Ternakopi sudah memiliki lebih dari 30 cabang.

7. SiapMas

Jika SangPisang adalah cemilan berat, SiapMas adalah brand makanan ringan keripik serta minuman dengan nama Ngedrink dan Kempirik.

8. Garaam

Garaam merupakan produk ayam goreng berbumbu seperti KFC. Didirikan oleh Kaesang dan Gibran bersama Putu Karisma, Chef Arnold Poernomo dan ABL Group. Target mereka 12 cabang di Jabodetabek.

9. Sei’Tan

Sei’Tan adalah produk terbaru Kaesang. Sei’Tan adalah makanan olahan daging asap khas Kupang.

10. Let’s Toast

Bisnis kuliner roti bakar atau roti panggang ini sudah memiliki 6 cabang.

11. YangAyam

Kaesang juga memiliki bisnis ayam geprek yang diberi nama Yang Ayam. 

12. 40% Saham Persis Solo

Bisnis Kaesang memang tak main-main. Kini ia menjadi pemilik dan direktur utama klub sepak bola Persis Solo sejak Maret 2021. Kaesang memiliki saham mencapai 40%.

13. Komisaris RANS Entertainment

Sebagai Komisaris RANS Entertainment, Kaesang berperan mengawasi Raffi untuk tetap dijalur mengembangkan lini bisnis ke depannya. 

14. 8% Saham PMMP

Seperti yang saya tuliskan di awal tulisan ini, Kaesang telah membeli sekitar 8% saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) sebanyak 188,24 juta lembar dengan total harga Rp 92,2 miliar.

15. Durian Runtuh Sang Kakak

Setelah sang kakak (Gibran Rakabumi) terjun ke politik dan terpilih sebagai Walikota Solo, Kaesang dijatuhi ‘durian runtuh’. Yups. Sang kakak melimpahkan usaha Markobar si Martabak; Chillipari aneka katering; Goola yang merupakan Marketplace minuman Tradisional; Usaha jas hujan dengan merk Tugas Negara Bos hingga jasa reparasi Handphone iPhone (Apple) dengan merk Icolor.

Itu dia 15 bisnis yang dimiliki Kaesang hingga saat ini. Maka jangan heran jika Kaesang ‘jajan saham’ ratusan milliar, apalagi setelah melihat bisnis yang digeluti oleh Kaesang hingga saat ini.

Eits, itu belum termasuk pendapatan saat dirinya menjadi Endorse, Iklan Media Cetak, Media Online, hingga pendapatan yang Kaesang hasilkan dari Akun Youtubenya.

Bisa hitung berapa total pendapatan yang menjadi tabungan harta kekayaan yang dimiliki oleh Kaesang dengan segudang bisnisnya? Hitung sendiri ya….

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: