Timang-timang Jelang Pilgubsu: BANJIR BATAK

0
398

4 Batak lawan 1 Jawa/ Melayu

 Oleh M.U. Ginting (Swedia)

 
Ketua PKS meyakini Pilgubsu hanya satu putaran dan dimenangkan oleh Gatot/ Nuradi. Katanya berdasarkan survei yang lalu. Nuradi akan menambah suara secara signifikan, kata Ketua PKS ini lagi.
Tetapi, menurut analisis pengamat politik Mandailing, Ray Rangkuty, Pilgubsu akan berlangsung 2 putaran karena tidak ada yang menonjol dari 5 pasangan itu. Pemilih lebih dipengaruhi oleh faktor suku dan agama katanya. http://beritapks.com/pks-anggap-gus-soekirman-terberat/
 
Dari segi suku, tentu Batak banyak pengikutnya, tapi harus dibagi 4. Sedangkan Jawa Gatot dan Melayu Nuradi akan terfokus. Karo Bukan Batak dan ‘bukan batak’ lainnya bisa juga lebih dekat ke Jawa/ Melayu. Artinya bisa juga mempengaruhi secara signifikan dalam putaran pertama. Karena itu, bisa cuma satu putaran (asal lebih dari 30%), tetapi putaran ke dua sudah pasti Gatot terikut.
 
Orang-orang Batak dengan calon sukunya 4 orang tentu mengharapkan putaran ke dua berlaku ‘pertarungan’ antar-batak saja dan siapapun yang menang sudah pasti orang Batak (strategi klasik dan termasyur orang Batak dalam ethnic competition).  
Suku dan primordialisme masih banyak yang takut pada kenyataan ini. Orang-orang yang takut ini masih susah dan gelisah hidupnya. Jiwanya masih belum tenang seperti masih di era SARA Orba. Sekarang era ethnic revival atau cultural revival dunia dan bikin tenang! 
Kita sudah bisa bikin analisa dan penelitian, pendekatan secara mendalam dan ilmiah tentang semua soal PERBEDAAN kita, terutama dari segi kultur dan way of thinking, sehingga ethnic competition (kontradiksi) berubah menjadi faktor penggerak perubahan dan perkembangan.
Dan, dengan sendirinya, KEMAJUAN (bersama). 

Leave a Reply