Perwira Poldasu “Dijual” di Galian C Rumah Gerat

0
156
Salah. satu lokasi penambangan Galian C di Desa Rumah Gerat (Kecamatan Biru-biru, Deliserdang)
Salah. satu lokasi penambangan Galian C di Desa Rumah Gerat (Kecamatan Biru-biru, Deliserdang)

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Beragam modus dilakukan pengusaha Galian C liar di kawasan Biru-biru Kabupaten Deliserdang guna mengamankan usaha mereka dari gangguan pihak lain. Sejumlah nama pejabat teras di sejumlah lembaga pemerintah juga turut di libatkan. Seperti halnya Galian C yang berada di Dusun Tanjung Berampu, Desa Rumah Gerat (Kecamatan Biru-biru). Oleh pengusahanya, nama oknum Polda berpangkat perwira AKBP S  “dijual” di lahan tersebut.


Pantauan wartawan  di lokasi, sedikitnya 3 unit alat berat dan truk terlihat keluar masuk lokasi Galian C tersebut. Sementara, pekerja yang ada di lokasi dengan garang mengatakan dia ditugasi oknum perwira polisi ini bekerja di sana. Namun, ketika diminta menunjukkan legalitas usahanya,pria tersebut tak dapat menjawab. Walau demikian, para pelaku penambangan liar ini tidak segan-segan mengeruk di alur sungai.

Kawasan Kecamatan Sibiru-biru saat ini tampaknya menjadi sasaran pengusaha Galian C Ilegal. Beberapa bulan lalu, seluruh pengusaha pernah mengakui mereka tidak memiliki ijin dalam beroperasi, namun kegiatan mereka tetap berjalan bahkan semakin bertambah, terutama di kawasan Lau Simeimei. Lahan di kawasan daerah aliran sungai (DAS) dibabat habis demi pencarian batu dan pasir timbun. Bahkan, irigasi persawahan rakyat tega mereka alihkan demi perburuan rupiah di lahan pertanian tersebut.

Tampaknya Bupati Deliserdang Amri Tambunan tidak berkutik dalam urusan Galian C tersebut. Parahnya kerusakan jalan ke desa sampai saat ini tidak mendapat perhatian. Ketika musim hujan tiba, genangan air tidak terelakkan. Demikian juga debu di saat kemarau.

Leave a Reply