Jaringan Irigasi Jebol, Ratusan Hektar Sawah Biru-biru Kering

0
206
Areal persawan warga Desa Biru-biru yang mengalami kekeringan akibat jaringan irigasi jebol.
Areal persawahan warga Desa Biru-biru yang mengalami kekeringan akibat jaringan irigasi jebol.

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Akibat jaringan irigasi jebol, ratusan hektar areal persawahaan yang dijadikan kolam ikan dan sudah ditanami padi mengalami kekeringan di Dusun Kampung Tengah Desa Biru-biru (Kecamatan Biru-biru). Jebolnya tanggul yang terjadi sepekan lalu pada 5 titik mengakibatkan saluran irigasi kering sehingga tidak dapat difungsikan lagi untuk mengairi areal persawahan.


“Sudah seminggu tanggul irigasi ini jebol. Kerusakan paling parah terdapat di 5 titik. Masing-masing titik yang jebol rata-rata sepanjang 3 meter. Akibatnya, saluran irigasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” kata Pak Tarigan (50) salah seorang pemilik kolam ikan kepada Sora Sirulo di lokasi [Rabu 13/2]. 

Menurut dia, jebolnya tanggul irigasi merupakan kejadian yang berulang-ulang akibat penambangan Galian C di bagian hulu. Namun, kata Tarigan, juga dibenarkan warga lainya, sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat mengenai seringnya tanggul jebol.
Mereka mengaku telah beberapa kali menyampaikan keluhan ke sejumlah penambangan Galian C. Tetapi, sampai saat ini, Galian C ilegal tetap beroperasi. Akibatnya, areal tanaman sawah yang sudah ditanami, terancam gagal panen.

“Demikian juga dengan ikan mas kami. Kami terpaksa menjualnya walau belum masa panen tiba karena takut semua ikan akan mati. Mestinya Pemkab Deliserdang menutup seluruh lokasi penambangan liar itu agar tidak ada tudingan miring dari warga bahwa Pemkab Deliserdang mengabaikan  kesejateraan petani. Jangan karena terima segepok uang kebutuhan masyarakat jadi terabaikan,” Jelasnya.

Camat Biru-biru drs. Antonius Pangaribuan ketika dikonfirmasi mengatakan, sudah mengerahkan warga untuk bergotongroyong.

“Kita sudah kerahkan masyarakat untuk bergotongroyong memperbaiki tanggul. Namun, bila tidak memungkinkan, kita akan turunkan alat berat untuk memperbaiki irigasi tersebut,” ujar camat.

Ket Poto:
Areal persawan warga Desa Biru Biru Deli Serdang yang mengalami kekeringan akibat jaringan irigasi jebo

Leave a Reply