Tembok Tebing di Jalan Medan – Berastagi Runtuh: Longsor Terjadi di Dua Sisi

1
130

Longsor DouluIMANUEL SITEPU. BERASTAGI. Akibat Hujan deras yang melanda Berastagi dan sekitarnya, jalan Medan – Berastagi lumpuh total setelah longsor hebat terjadi di jalan Medan–Berastagi, tepatnya di Km 59, Desa Doulu (Kecamatan Berastagi) [Jumat 15/2 sore sekira Pkl. 17.20 WIB]. Longsor ini  mengakibatkan puluhan kendaraan terjebak karena longsor terjadi di dua sisi yang cukup panjang menutup badan jalan dari arah Medan dan arah Berastagi.


Informasi yang dihimpun Sora Sirulo di lokasi longsor, orang-orang yang terjebak terlihat panik karena masih terdengar suara gemuruh dari atas tebing yang mengakibatkan longsor. Kepanikan meningkat ketika kabel listrik goyang akibat ditimpa pohon yang longsor dari arah Berastagi.

“Kami kira tadi terjadi gempa, bang, karena kabel listrik yang kena timpa pohon itu goyang,” ujar salah satu pengguna jalan yang terjabak longsor kepada Sora Sirulo.

Sementara itu, beberapa pengguna jalan yang terjebak mencoba menerobos pohon yang tumbang. Dengan bahu-membahu pengguna jalanpun menerobos medan jalan yang penuh dengan becek dan ditutupi batang pohon yang tumbang. Salah satu pengguna jalan yang masih sempat melihat longsornya tebing tersebut mengatakan, sepertinya ada mobil yang terperangkap di gundukan longsor.

“Tadi aku sempat lihat ada mobil yang teperangkap di gundukan longsor itu, bang,” katanya kepada Sora Sirulo.

Kristop Simalango, pengguna jalan yang juga sempat terjebak di lokasi longsor mengatakan, mereka tadinya berangkat dari Kabanjahe menuju Medan, Terjebak dengan melihat gundukan longsor yang tinggi.

“Aku tadinya mau berangkat menuju Medan, bang. Karena ada gundukan longsor yang tinggi, jadinya aku tak bisa lewat,” katanya menuturkan kejadian yang menimpanya.

Para pengguna jalan yang terjebak longsor akhirnya balik arah menuju Berastagi, Akan tetapi, longsor kembali menghadang pengguna jalan. dan akhirnya mereka terjebak.

Menurut warga, bangunan tersebut sudah mengalami retak sejak sekitar 2 bulan dan berangsur mengalami runtuh di bagian tertentu. Diperkirakan bangunan tersebut tidak dapat dipertahankan lagi. Nyaris seluruh bangunan sudah retak dan sebagian lainnya sudah runtuh dan runtuhannya menutupi parit jalan yang juga baru dibangun.

1 COMMENT

Leave a Reply