Jl. Jamin Ginting Longsor, Sekda Pemprovsu Batal Hadiri Syukuran Penabalan Jl. Rakoetta S. Brahmana

0
191

Plt. Gubsu Gatot Pujo Nugroho Sampaikan Restu Lewat HP

 

Fragmen perjuangan persembahan SMA Pencawan, Medan (Foto: Jiwa Tarigan).
Fragmen perjuangan persembahan SMA Pencawan, Medan (Foto: Jiwa Tarigan).

LORETA KAROSEKALI. KABANJAHE. Perayaan ucapan syukur atas penabalan Jalan Rakoetta S. Brahmana yang menggantikan nama Jalan Kotacane di Jambur Guru Pulungun, Kabanjahe, pagi dan siang tadi [Sabtu 16/2] berlangsung meriah dan semarak, dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat termasuk para verteran RI dan keluarga besar Brahmana berserta sangkep nggeluhna (sembuyak, anak beru, kalimbubu, senina).

Seyogyanya acara ini dihadiri oleh Sekda Pemprovsu Nurdin Lubis mewakili Plt. Gubsu Gatot Pujo Nugroho. Tapi, sayangnya, oleh  kemacetan jalan Medan–Berastagi setelah longsor hebat kemarin sore [Jumat 15/2] di Km 59 Desa Doulu (Kecamatan Berastagi), Nurdin Lubis dan rombongan batal hadir. Namun begitu, Plt. Gubsu Gatot Pujo Nugroho menyempatkan berhubungan dengan panitia melalui  telefon selulernya untuk mengucapkan selamat atas penabalan Jalan Rakoetta S. Brahmana putra  sang Pengulu Limang.

Menari (landek) bersama dihantarkan oleh nyanyian perkolong-kolong Rosbiana Ginting (Foto: Petrus Sitepu)
Menari (landek) bersama dihantarkan oleh nyanyian perkolong-kolong Rosbiana Ginting (Doc. GEBU KARO)

Acara yang berlangsung sederhana namun mengesankan ini ditandai dengan pedalen utang adat yang sekaligus menyatakan bahwa Brahmana Limang dan Brahmana Kabanjahe (Rumah Kabanjahe dan Katepul) adalah sada mbuyak alias sembuyak. Fragmen perjuangan yang ditampilkan oleh pelajar SMA Pincawan, Medan, memberi kesan tersendiri di acara itu. Demikian juga acara landek bersama yang diramaikan oleh perkolong-kolong Rosbiana Ginting menambah semaraknya acara.

Ketua Rakoetta Brahmana Centre (RBC) Nancy Meinintha Brahmana yang juga adalah cucu Alm. Rakoetta S. Brahmana kepada Sora Sirulo mengatakan [Sabtu 16/2] puas atas berlangsungnya acara ini. “Satu tahap lagi kita sudah laksanakan dalam rangka menghargai pahlawan kita,” ujarnya.

 

Leave a Reply