Polisi Gagalkan Perampokan PT Sinar Mitra Sepadan (SMS) Finance

0
195

Brankas Berisi Uang Ratusan Juta Berhasil diselamatkan 

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. DELITUA. Petugas Polsek Delitua berhasil menggagalkan aksi 5 pria bersenjata api yang merampok brandkas berisi uang tunai dan harta benda senilai ratusan juta rupiah milik PT Sinar Mitra Sepadan (SMS) Finance di perumahan Titi Kuning Mas Jl. Tritura Kelurahan Titikuning (Kecamatan Medan Johor) [Senin 25/2].

Informasi diperoleh Sora Sirulo menyebutkan, dalam melakukan kejahatannya, kawanan rampok diduga 5 orang mengendarai mobil Kijang Inova warna hitam. Mereka terlebih dahulu melumpuhkan seorang sekuriti dan, lalu, mengikat tangan serta menutup mulutnya dengan lakban sehingga tak berkutik (sekitar Pkl. 03:00 Wib). Informasi lainnya diperoleh di sekitar ‘Tempat Kejadian Perkara’ (TKP), selain berhasil menggagalkan aksi perampokan tersebut, petugas juga mengamankan brankas berisi uang tunai Rp 123 juta lebih, 48 buah BPKB, buku tabungan, blok giro, kwitansi, 3 STNK mobil dan lainnya.

Awalnya sekelompok pria diperkirakan 5 orang mengendarai mobil Kijang Inova warna hitam berhenti di depan Kantor PT SMS Finance di Jl. Tritura sekira Pkl. 03:00 Wib. Marhen Sitepu (60), sekuriti komplek perumahan Titi Kuning Mas, merasa curiga dan menghampiri mobil tersebut. Tiba-tiba, 2 orang pria bersenjata api menodongkan senjatanya ke arah korban dan melumpuhkannya. Setelah tidak berdaya, Marhen dibawa masuk ke dalam Kantor PT SMS Finance setelah 3 orang pria lainnya berhasil membobol kantor perusahaan pembiayaan tersebut.

Dalam kondisi tidak berdaya, korban dianiaya para pelaku yang sebagian besar bertubuh kurus tinggi dan berambut pendek. Setelah berhasil menggondol 1 buah brankas, para pelaku memasukkan hasil rampokkannya ke dalam mobil untuk dibawa pergi. Marhen Sitepu ditinggalkan begitu saja di dalam kantor dengan kondisi masih terikat.

Baru beberapa meter bergegas dari sekitar TKP, beberapa petugas Polsek Delitua yang sedang berpatroli merasa curiga melihat mobil Kijang hitam yang keluar dari PT SMS. Mereka berusaha mendekatinya. Sebelum berhasil mendekati, sebuah mobil pick up yang melintas tiba-tiba menabrak bagian belakang mobil Kijang tersebut sehingga brankas hasil rampokan yang berada di dalam mobil Kijang terjatuh.

Beberapa pria keluar dari mobil berusaha mengamankan brankas yang terjatuh. Lagi-lagi, sebuah mobil jenis Toyota nyaris kembali menabrak brankas tersebut dan diduga menyenggol salah seorang pelaku. Melihat hal itu, petugas yang sedang mendekati berusaha memburu mobil Kijang hitam. Diduga mengetahui dirinya dibuntuti polisi, kelima pria bersenjata itu melarikan diri dan meninggalkan brankas hasil rampokannya di tengah jalan. Sebagian petugas memburu mobil dan sebagian lainnya mengamankan brankas untuk dibawa ke Mapolsek. Sedangkan kelima perampok berhasil lolos di kegelapan malam.

Kapolsek Delitua Kompol Bahtiar Marpaung didampingi Kanit Reskrim AKP Semion Sembiring membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, petugas telah mengamankan barang bukti senilai ratusan juta rupiah. Sementara itu, 2 orang saksi telah diperiksa untuk diminta keterangannya. Diantaranya adalah sekuriti yang disekap serta seorang tenaga cleaning service yang merangkap penjaga malam. Dia biasanya tidur di kantor tersebut. Tapi, malam itu dia tidak masuk kerja.

Leave a Reply