Jalan Rusak Parah, Warga Karo di Deli Hulu Merasa Dianaktirikan

2
190
Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Periaria dengan Desa Talapeta yang sudah mirip kolam ikan
Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Periaria dengan Desa Talapeta yang sudah mirip kolam ikan (Foto: Imanuel Sitepu)

IMANUEL SITEPU. STM HILIR. Parahnya kerusakan jalan di sejumlah wilayah hulu Kabupaten Deliserdang menjadi salah satu sebab warga daerah itu merasa dianaktirikan selama ini oleh Pemkab Deliserdang. Ini tampak sekali sebagaimana dituturkan kepada Sora Sirulo oleh L. Barus (40) tinggal di Kecamatan STM Hilir  [Selasa 5/3].


“Kami merasa dianaktirikan karena sejak dulu tidak pernah sekalipun infrastruktur jalan di wilayah kami merasakan aspal. Hanya jalan berlobang tergenang air,” ujarnya.

Dijelaskan Barus, selama ini, warga sudah berkali-kali mengajukan perbaikan jalan kepada pemerintah.

“Hingga kini, belum kunjung ada realisasi apa-apa. Malah sudah 2 periode Amri Tambunan menjadi Bupati Deliserdang, jalan kami belum juga pernah diperbaiki. Tetap saja kami tersisihkan, Rusaknya infrastruktur jalan tentu saja berdampak pada aspek perekonomian masyarakat. Saking banyaknya jalan berlobang, masyarakat jadi sulit memasarkan barang dagangannya. Kita enggak bisa menutup mata. Memang itulah faktanya di lapangan,” tutur Barus yang juga dibenarkan banyak warga lainnya.

Pantauan Sora Sirulo beberapa hari ini, sejumlah ruas jalan di kawasan hulu Kabupaten Deliserdang sangat memprihatinkan, Jalan-jalan di  Desa-desa Peria-ria, Penen, Rumah Gerat (Kecamatan Biru-biru), Lau Rakit, Talapeta, Penungkiren, Negara (Kecamatan STM Hilir), Suka Maju, Cinta Rayat, Martelu, Bukum (Kecamatan Sibolangit) terlihat kondisinya sangat parah. Sepanjang jalan ke desa-desa tersebut hampir seluruhnya kupak-kapik. Bahkan, di beberapa titik, kondisi jalan banyak yang menyempit akibat termakan jurang dan rerumputan. Di banyak titik lainnya, terlihat jalan sudah mirip kolam ikan.

Warga meminta agar sejumlah ruas jalan tersebut segera diperhatikan oleh Pemkab Deliserdang.

2 COMMENTS

Leave a Reply