Pohon Tumbang, Medan — Berastagi Macet Lagi

0
188

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Angin kencang disertai hujan  membuat jalan lintas Medan – Berastagi lumpuh hingga 2 jam disebabkan pohon tumbang di dua lokasi yakni Desa Durin Simbelang persis di lapangan golf Perkebunan Martabe dan di Dusun Lau Macem Desa Sugau (kecamatan Pancurbatu) [Sabtu 10/3 malam].

Hingga berita ini dikirimkan ke meja redaksi, tidak terdapat korban jiwa maupun kerusakan akibat pristiwa itu. Namun, pantauan Sora Sirulo di lapangan, akibat paling nyata dari kejadian tersebut hanyalah efek kemacetan jalan raya yang diduga sampai 10 KM dari titik lokasi kemacetan ke arah Medan maupun Berastagi.

Untuk memperlancar arus transportasi Medan menuju Berastagi, tampak antusias dan partisipasi masyarakat di sekitar lokasi bahu membahu berupaya untuk menyingkirkan batang dan ranting pohon yang berada di badan jalan. Warga sekitar membawa peralatan berupa parang dan golok untuk menyingkirkan ranting pohon. Antusiasme masyarakat  merupakan bantuan satu-satunya karena sampai beberapa saat tidak adanya petugas dari dinas terkait yang datang untuk memberikan bantuan.

Masyarakat saling bekerjasama dengan serius tanpa memikirkan hujan deras yang terus turun. setelah ranting-ranting pohon berhasil disingkirkan petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurangi kemacetan dari kedua arah, terlebih karena akhir pekan, volume kendaraan menuju sangat tinggi.

Pohon tumbang dan tanah longsor memang menjadi sebuah ancaman serius untuk pengguna jalan raya medan menuju berastagi. diperlukan koordinasi yang tepat dari pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini, setidaknya untuk meminimalisir korban jiwa.

Leave a Reply