Perampok Antar Provinsi Bergumul dengan Polisi

0
171

Sepeda Motor Hangus Dibakar Massa

 

Kedua tersangka perampokan saat diamankan di Polsek Delitua (Imanuel Sitepu)
Kedua tersangka perampokan saat diamankan di Polsek Delitua (Imanuel Sitepu)

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Polisi  berhasil menggagalkan perampokan jalanan antar provinsi  yang dilakukan 2 pengendara Honda Supra X 125 dengan nomor plat BM 3478 di Jl. AH Nasution, Medan [Senin 11/3]

Dalam peristiwa itu, 3 petugas yang meringkus kedua tersangka RRN (19) warga Pasir Pangarayan (Kabupaten Rokan Hulu, Riau) yang menetap di Jl. Setia Budi dan D,(20), warga Jl. Setia Budi, Tanjungsari (Medan) sempat terjadi pergumulan di tengah keramaian Jl. AH Nasution. Salah satunya adalah perwira menengah Poldasu AKBP Imam Sadar dan dua petugas Polsek Delitua yang sedang melakukan patroli. Kedua pelaku kemudian diamankan petugas untuk dilakukan pengembangan karena kedua tersangka diduga telah melakukan aksi serupa secara berulang.

Informasi diperoleh Sora Sirulo menyebutkan, sebelum kejadian, kedua korban singgah ke restauran KFC di Jl. AH Nasution Titi Kuning (Medan). Saat mereka berada di depan restaurant itu, tiba-tiba kedua pelaku muncul dengan mengendarai sepeda motor Supra X 125 menghampiri dan lalu merampok tas milik Maria Fransiska yang dibonceng oleh Saut. Kedua  korban adalah Saut Alfian Baktista,(22), warga Blok VII, Perumahan Srigunting (Kecamatan Sunggal) bersama temannya Maria Fransiska Tambunan (21) warga Jl. Setia Budi (Medan)

Mengetahui tas berisi satu unit laptop, ponsel, dompet berisi uang ratusan ribu rupiah dan ATM miliknya ditarik secara paksa, seketika Maria berteriak rampok sehingga Saut menghentikan sepeda motor mereka dan mengejar kedua tersangka. Akibat arus lalu lintas di  Jln AH Nasution macat, salah seorang pelaku yang membawa tas korban kemudian melarikan diri dan meninggalkan temannya yang mengendarai sepeda motor.

Saat kejadian, AKBP Imam Sadar yang sedang melintas di sekitar tempat kejadian perkara(TKP) kemudian turun dari mobilnya dan mengejar tersangka yang membawa lari tas korban. Sementara itu, 2 petugas Polsek Delitua yang kebetulan melakukan patroli di sekitar TKP juga melihat hal yang sama dan berusaha meringkus seorang tersangka yang berusaha melarikan diri bersama sepeda motornya di tengah kemacatan arus lalu lintas.

Seorang pelaku akhirnya berhasil dibekuk AKBP Imam Sadar setelah menerkamnya sehingga sempat terjadi pergumulan di tengah keramaian Jl. AH Nasution. Massa yang telah berkerumun di sekitar TKP tidak mampu menahan amarah. Di saat petugas sibuk mengamankan kedua pelaku, sepeda motor yang digunakan perampok melakukan aksi kejahatan dibakar hingga hangus dan tinggal kerangka saja.

Aksi tersebut sempat menimbulkan kemacatan arus lalu lintas yang setiap hari padat di sekitar TKP, namun berkat kesigapan petugas kondisi tersebut dapat diredam hingga keadaan kembali normal.

Menurut korban Maria Fransiska Tambunan ketika dikonfirmasi di lokasi, tas miliknya berisi satu unit laptop, ponsel, dan dompet berisi uang ratusan ribu serta kartu ATM telah berhasil dikembalikan polisi setelah membekuk kedua perampok.

Di hadapan petugas, di Mapolsek Delitua, salah seorang perampok mengatakan telah melakukan aksi yang sama sebanyak puluhan kali. Selain merampok, mereka juga telah melakukan pencurian sepeda motor di beberapa tempat bahkan hingga antar propinsi. Kapolsek Delitua Kompol Bakhtiar Marpaung didampingi Kanit Reskrim AKP Semion Sembiring membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, petugas sedang melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan pelaku perampokan dan pencurian sepeda motor dari kedua pelaku.

Leave a Reply