IMKA FISIP USU Mengagendakan Apresiasi Seni Budaya Karo

1
218

Salmen Sembiring

Bernita Sembiring sedang menari dilukis oleh temannya sesama anggota Sanggar Seni Sirulo, Okkie Barus
Bernita Sembiring sedang menari dilukis oleh temannya sesama anggota Sanggar Seni Sirulo, Okkie Barus

SALMEN SEMBIRING. MEDAN. Pemuda selalu dilihat dari semangatnya. Demikian halnya pemuda Karo, Semangat mereka melestarikan budaya Karo patut diacungi jempol. IMKA “Eguaninta” FISIP USU yang di dalamnya berkumpul mahasiswa Karo dari beragam daerah Karo sepakat mengadakan Apresiasi Seni dan Budaya Karo 23 Maret 2013 mendatang di Jambur Halilintar.

“Mahasiswa Karo hendaknya jangan hanya bisa membuat gendang guro-guro aron atau siap menari dan besoknya tidak ada kegiatan lagi. Yang kita buat ini berbeda dari acara mahasiswa Karo sebelumnya,” tutur Bernita Sembiring, koordinator seksi acara.

Tambah Bernita, dalam acara itu, mahasiswa dituntut lebih aktif mengapresiasi seni.

“Bukan hanya sebagai penonton dan penikmat tapi lebih menjadi pelaku budaya itu sendiri,” kata Bernita si penari kawakan Sanggar Seni Sirulo ini,

Acara yang akan dilangsungkan pada 23 Maret di Jambur Halilintar ini juga akan dimeriahkan oleh perkolong-kolong kawakan Karo Bungaria dan pasangannya Sitepu mergana.

“Karena seni itu juga tidak terlepas dari hiburan, maka dalam mengapresiasinya juga kita selipkan bentuk-bentuk hiburannya,” tutur seorang panitia lainnya.

Selain itu juga akan ada penampilan dari artis Karo yang muda dan berbakat. Panitia juga telah menyiapkan berbagai sajian acara yang memakai peralatan tradisional Karo klasik, mini teater, pameran seni dan kerajinan Karo, audiovisual budaya Karo dari masa ke masa dan banyak suguhan materi budaya Karo lainnya pada saat acara kelak. Karena acara ini cukup unik panitia memperkirakan akan dihadiri lebih banyak orang dari acara mahasiswa yang sudah pernah ada

“Acara yang awalnya dirancang sebagai temu ramah antara alumni, dosen, mahasiswa dan mahasiswa baru ini malah berubah jadi sebuah acara besar. Hal ini tentunya karena dukungan dari pihak alumni IMKA Eguaninta FISIP USU dan segenap dosen Karo yang ada di FISIP,” ujar ketua Panitia Deddy Sembiring.

Selain itu dalam acara itu juga akan dilantik kepengurusan IMKA yang baru pada saat acara. Panitia juga mengharapkan melalui pemberitaan ini sebagai undangan kepada seluruh alumni IMKA Eguaninta dimanapun berada agar turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Di bawah ini, clip penampilan Bernita Sembiring bersama Sanggar Seni Sirulo dalam penutupan sebuah acara seminar internasional di Hotel Tiara, Medan

1 COMMENT

  1. menambah ragam penampilan seni, juga adalah seni . . .
    monoton . . . kali juga seni, tapi kepastiannya sudah pasti . . . jenuh.

    MUG

Leave a Reply