Truk Pakan Ternak Ayam Dirampok di Pancurbatu

1
202
tersangka perampokan
Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu didampingi Kanit Reskrim AKP P Samosir dan anggota saat menginterogasi para pelaku perampokan di Mapolsek Pancurbatu [Jumat 15/3].

IMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Petugas Polsek Pancurbatu berhasil mengamankan 3 pria anggota sindikat perampokan ketika beraksi merampok  truk Colt Diesel jenis Canter, BK 9017 TN di Simpang Krikil, Desa Sei Gelugur (Kecamatan Pancurbatu) [Rabu 13/3]. Ketiga tersangka masing-masing berinisial  AWS (21) warga Jl. Jamin Ginting, Gg. Bersama (Kecamatan Medan Tuntungan), RY (34) warga Jl. Kutalimbaru, Pasar IV, Dusun III, Desa Tuntungan I (Kecamatan Pancurbatu) dan RG (37) warga Dusun II, Desa Berdikari (Kecamatan Kutalimbaru).

Informasi yang diperoleh Sora Sirulo menyebutkan, ketiga tersangka berhasil diamankan atas laporan pengaduan dari sopir truk Rinaldianto (43) warga Paya Jambu (Kecamatan Selesai, Langkat) ke Mapolsek Pancurbatu [Rabu 13/3]. Dalam pengaduannya, korban menceritakan, sebelum kejadian, ia bersama kernetnya baru selesai mengantarkan pakan ternak ayam ke Desa Silebo-lebo, Kutalimbaru dan hendak kembali kearah Binjai, Rabu (13/3) malam.  Kernetnya bernama Edi Sutrisno (36), warga Tanah Merah (Binjai).

Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba datang mobil Avanza hitam mendekati truk yang dikendarainya. 2 orang pria yang ada di dalam mobil memerintahkanya untuk berhenti. Sembari mengaku sebagai petugas polisi, pria tersebut kemudian memeriksa truk dan menanyakan surat-surat kendaraan bermotor kepada Rinaldianto. Pada saat Rinaldianto turun dan menunjukkan surat-surat kendaraan yang diminta, salah seorang pelaku langsung menunjangnya hingga masuk ke dalam mobil pelaku. Demikian juga dengan sang kernet. Edi Sutrisno ditarik masuk ke dalam mobil dan mendapat perlakuan yang sama.

Dalam posisi korban tak berdaya, para pelaku kemudian merampas 2 HP, dompet berisi uang ratusan ribu, SIM B 1 Umum, SIM C dan STNK sepeda motor milik kedua korban. Selanjutnya, pelaku membawa truk tersebut. Tidak beberapa lama mereka membuang kedua korban ke daerah perladangan di wilayah Deski. Beberapa saat kemudian, setelah berusaha, kedua korban berhasil membuka ikatan lakban dan mencari pertolongan kepada warga sekitar serta melaporkan kejadian yang dialaminya ke Mapolsek Pancurbatu.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu didampingi jajarannya beserta anggota langsung melakukan penyelidikan dan mengejar para pelaku. Petugas kemudian berhasil mengamankan AWS saat melintas mengendarai truk tersebut di kawasan Jl. Jamin Ginting, Laucih (Kamis 14/3].

Sebelumnya petugas mencurigai truk yang dibawa AWS tanpa flat kendaraan bermotor. Saat petugas mendekat, tiba-tiba AWS menghentikan truk dan langsung melarikan diri. Tidak mau kehilangan jejak, petugas kemudian melakukan pengejaran. Beberapa ratus meter kemudian, petugas berhasil menangkap AWS di kawasan Jl. RS Adam Malik, Medan.

Petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka RG dan RY di kawasan Simpang Bekala (Medan). Guna pengusutan lebih lanjut, ketiga tersangka dan barang bukti kemudian diboyong ke Mapolsek Pancurbatu. Kepada petugas, pelaku mengaku sudah sebanyak 5 kali melakukan perbuatan yang sama. Truk tersebut dijual ke Karo Gugung, Dairi dan Siantar. Sementara truk yang dirampok itu rencananya dijual kepada seseorang di Aceh.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu didampingi Kanit Reskrim AKP P. Samosir saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (15/3) membenarkannya.

“Kasusnya masih dalam penyelidikan guna pengembangan lebih lanjut untuk mengungkap pelaku lainnya,” ujar Sitepu.

1 COMMENT

Leave a Reply