Ratusan Tronton Galian C Ilegal Macatkan Delitua

Warga Mohon Aparat Tidak Berpihak ke Pengusaha

Tronton bermuatan puluhan ton material dari Galian C illegal di Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Biru-biru sedang melintas sehingga memacatkan lalu lintas di Pasar Delitua.
Tronton bermuatan puluhan ton material dari Galian C illegal di Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Biru-biru sedang melintas sehingga memacatkan lalu lintas di Pasar Delitua.

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Ratusan armada dump truck dan jenis tronton 3 sumbu pengangkut material Galian C illegal dari Kecamatan Patumbak, Kecamatan Biru-biru dan Kecamatan Namorambe kian marak melintas di Jalan Besar Delitua. Akibatnya, seluruh dump truck pengangkut galian menumpuk di Pasar Delitua mengakibatkan kemacatan lalu lintas berkepanjangan.

Akibat beroperasinya Galian C illegal dari ketiga kecamatan itu mengakibatkan warga Pasar Delitua dan sekitarnya menjadi resah karena arus lalu lintas ribuan warga yang setiap harinya melintas di pasar tersebut menjadi terganggu berjam-jam lamanya.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat sekitar Pasar Delitua, yang tidak ingin disebutkan namanya [Selasa 26/3], sangat memohon kepada oknum-oknum TNI agar lebih berperasaan memihak kepada masyarakat sehingga tidak mebekingi usaha illegal tersebut. Untuk itu warga sangat berharap kepada oknum TNI yang terlibat segera sadar dan lebih memihak kepada masyarakat dan tidak berpihak ke pengusaha,

“TNI berasal dari rakyat dan tetap berada di tengah rakyat banyak untuk tetap berjuang demi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Warga telah dua kali mengirimkan surat protes kepada pihak kecamatan dan Polsek Delitua yang ditandatangani puluhan warga agar segera menertibkan dump truck tronton 3 sumbu berukuran sepuluh roda tersebut agar tidak beroperasi. Selain merusak jalan yang telah dibangun pemerintah, dump truck dan tronton sangat meresahkan karena beroperasi hampir 24 jam dari pagi hari hingga malam sehingga membuat kebisingan, jalan berdebu dan kemacatan lalu lintas yang panjang.

Kapolsek Delitua Kompol B. Marpaung yang dikonfrimasi wartawan seputar adanya surat protes dari warga, terhadap maraknya dump truck tronton dari Galian C illegal di Patumbak dan Biru-biru yang melintas di Delitua, membenarkannya. Menurutnya, ada puluhan warga yang menandatangani surat keberatan tersebut dan telah diterimanya beberapa hari lalu.

Camat Delitua Edi Yusuf juga membenarkan adanya surat protes dari warga terhadap banyaknya truk tronton Galian C illegal yang melintas dan minta ditertibkan karena telah meresahkan. Camat Delitua mengatakan akan melakukan koordinasi dengan dua kecamatan yakni Biru-biru dan Patumbak serta TNI dan Polri buntuk melakukan penertiban, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.