Darmawansah Sembiring SE: Dari Petani Tuak Hingga Pengusaha Sukses

0
275
tuak
Darmawansah Sembiring SE

IMANUEL SITEPU. PATUMBAK. Sosok pemimpin yang rendah hati mulai langka ditemui di negeri ini. Ironisnya, pemimpin yang ada saat ini menunjukkan arogansinya di setiap kesempatan. Banyak yang berpikir, menjadi pemimpin adalah melakukan tugas, memiliki otoritas, memiliki posisi untuk memberikan perintah kepada orang yang dipimpin, memiliki kemampuan untuk mendapatkan pengaruh atas orang lain karena kepandaiannya. Tidak demikian bagi Darmawansah Sembiring SE (38) selaku Direktur Utama  PT Darma Jaya,

Anak ke 4 dari 5 bersaudara kelahiran Delitua 5 Desember 1975 silam ini, menjadi pemimpin yang rendah hati. Dia merasa harus bisa mendorong orang yang dipimpinnya dan memberikan mereka penghargaan serta memberikannya sesuai haknya. Pemimpin yang rendah hati perlu memiliki kemampuan yang tidak hanya sekadar pengetahuan, keterampilan dan bakat saja.

Saat ditemui Sora Sirulo di Kantor ‘Darma Center’, Perumahan Villa Permata Indah Jl. Pertahanan Patumbak  [Minggu 7/4], suami dari Sri Juliani Br Damanik ini mengatakan, selaku pemimpin, tidak selamanya harus memandang ke depan. Tetapi, kata ayah dari Dinda Putri Rezeki Sembiring dan Debi Putri Darma Sembiring ini, pemimpin harus mampu menoleh ke belakang.

“Oleh karena itu, saya membuat gagasan mendirikan ‘Darma Center’ yang bergerak dalam sosial kemasyarakatan. Saya sadar, sebelum sukses, saya juga orang ‘kere’ yang tak punya apa-apa. Makanya, saya tau betul bagaimana masyarakat yang tidak mampu. Mereka perlu diberi dukungan moril maupun materi. Saat ini, kepengurusan ‘Darma Center’ telah terbentuk di 15 Kecamatan Deliserdang. Tahun ini, kita akan bentuk di semua kecamatan,” tuturnya.

Lanjut dikatakan, sebelum menjadi orang sukses, untuk menamatkan sekolah hingga bangku perkuliahan, Pak Darma begitu panggilanya, mengaku terpaksa menjadi petani dan  penjual tuak. Setelah mengemban gelar Sarjana Ekonomi, buah dari kegigihanya, Pak Darma pun mengadu nasib ke Jakarta. Berbekal pengalaman dan sukses di tanah rantau, pria ramah dan mudah senyum ini membuka perusahaan transportasi,PT Darma Jaya yang hingga saat ini asetnya terus meningkat.

Walau beliau selalu dipadati dengan berbagai kesibukan dalam menangani perusahaan dan ormas ‘Darma Center’ yang dibentuknya, Darma Sembiring yang warga Perumahan Johor Indah Permai I ini tidak lupa meluangkan waktu kepada keluarga yang dicintainya.

“Angka kemiskinan terus meningkat. Semangat gotongroyong sebagai warisan nenek moyang kita juga telah sirna ditelan jaman. Untuk itulah kita membuat wadah ‘Darma Center’ ini agar kita dengan masyarakat bisa saling mengisi,” kata sang dermawan.

Dijelaskanya lagi ‘Darma Centere yang dibentuk bukan milik suku, agama, ras dan golongan tertentu. Semua masyarakat bisa bergabung di dalamnya.

“Walau saya Nasrani, saya sudah ikut membantu pembangunan sejumlah tempat ibadah termasuk Masjid. Anggaran yang sudah dikeluarkan Darma Center untuk membangun sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum telah mencapai 1,4 Miliyar rupiah,” kata sang Darmawan tersenyum.

Opas Minta Darmawansyah Jadi  Balon Bupati Deliserdang

“Banyak sosok pemimpin  yang hanya mengumbar janji-janji tanpa ada bukti. Bila sosok seperti itu bakal memimpin Deliserdang 5 tahun ke depan, masyarakat  bakal sengsara dan merana. Maka oleh itu, Deliserdang membutuhkan pemimpin yang ramah, santun, muda dan enerjik. Pilihan itu sangat cocok kepada Darmawansah Sembiring SE,” demikian dikatakan Ketua LSM Opas Deliserdang Wira Ginting ketika ditemui Sora Sirulo secara terpisah.

Dikatakannya, Darmawansah Sembiring SE adalah sosok pemimpin merakyat yang tidak segan-segan bergaul dengan masyarakat kecil. Beliau menyempatkan waktunya membantu masyarakat. Talenta pemimpin dan sifat dermawan yang dimiliki beliau patut diapreasasi seluruh masyarakat Deliserdang. Berbagai langkah yang dilakukan Darmawan Sembiring  dalam melaksanakan tugas sehari-hari dinilai cukup progresif bila dibandingkan dengan beberapa kandidat yang saat ini mulai bermunculan.

“Salah satu hal yang paling fenomenal dan telah berhasil dilakukan oleh Darmawan adalah mejadikan Musholla di Desa Tebing Ganjang menjadi Masjid yang memakan anggaran ratusan juta,” kata Wira.

Wira Ginting juga menilai Darmawan Sembiring SE merupakan sosok pekerja keras dan pemimpin yang rendah hati. Di samping itu, dia juga mempunyai semangat hidup yang luar biasa dan tidak gampang menyerah, patah semangat dan selalu optimis dalam melakukan sesuatu.

“Kekosongan bathin rakyat yang merindukan sosok pemimpin yang rendah hati, sederhana, tegas, humanis, pekerja keras dan kaya ide, ada pada diri Darmawansah Sembiring SE. Soalnya, tipe beliau adalah pemimpin yang ingin melayani bukan dilayani,” ungkap Wira Ginting seraya mengatakan jika Darmawansah Sembiring SE  adalah sosok pemimpin yang bersahaja.

Ket Poto: Darmawansah Sembiring SE

Leave a Reply