Traditional Week Palladium Mall: Sanggar Sirulo Tampilkan Ngelangke Ngeliwer

2
177

palladium 2

LORETA KAROSEKALI. MEDAN. Palladium Mall yang beralamat di Jl. Raden Saleh (Medan) akan menggelar “Traditional Week” sejak Sabtu 20 – 30 April 2013 di atrium pusat perbelanjaan tersebut. Sanggar Seni Sirulo akan memeriahkan acara hari pertama dengan serangkaian penampilan musik, tari dan lagu tradisional Karo dari Pkl. 16.00 hingga 19.00 Wib.

Ngelangke Ngeliwer adalah judul penampilan Sanggar Seni Sirulo kali ini. Seperti biasanya, penampilan ini dirancang dan ditata oleh Juara R. Ginting yang menyutradarai penampilan lewat webcam dari Belanda,” papar Ita Apulina Tarigan, pimpinan Sanggar Seni Sirulo.

Ketika ditanya apa artinya Ngelangke Ngeliwer, Ita membandingkan pertunjukan Sirulo kali ini dengan angin putting beliung (kalinsungsung).

“Gerakan angin putting beliung ketika menyambar bumi itulah yang disebut ngelangke ngeliwer. Ilangkena lebe, encage liwerkenna,” papar Ita yang merasa agak kesulitan menterjemahkan ngelangke ngeliwer ke dalam bahasa Indonesia.

Selanjutnya Ita mejelaskan, setengah jam pertama Sanggar Sirulo akan menampilkan tari dan lagu diiringi musik dalam bentuk kisah. Setelah itu, sanggar ini akan menampilkan berbagai lagu pop Karo diiringi musik tradisionalnya.

“Untuk penampilan setengah jam pertama, penonton diajak mengikuti cerita melalui gerakan-gerakan tari, vokal dan alunan musik. Semua gerakan tari, lirik lagu dan musik digali dari upacara-upacara tradisional Karo seperti halnya dalam acara petampeken jenujung. Bang Juara Ginting merangkai dan meramunya menjadi sebuah kisah hidup di atas panggung” tutur Ita seraya menambahkan bahwa sanggar yang dipimpinnya hanya menampilkan kreasi dari sanggar itu sendiri.

Berikut adalah 2 clip penampilan Sanggar Seni Sirulo

2 COMMENTS

  1. Kebetulen saja seri tanggalna, tapi labo seri jamna. Nonton kam lebe ku Palladium Mall (Pkl. 16.00 – 19.00 Wib) encage melaju kam ku Hotel Tiara (Pkl. 20.00 Wib sampai selesai). Banci kang lampasindu ndaret i Palladium Mall nari berkat ku Hotel Tiara. Kuakap sitek kal pe la lit masalah adi atendu ndedah duana pertunjuken enda.

Leave a Reply