Hindari Razia, Puluhan Truk Galian C Parkir di Biru-biru

0
234

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. DELITUA. Puluhan dump truk tronton roda 10 yang biasanya menggangkut material Galian C parkir di sekitar Simpang Kuburan Jepang Jl. Pasar 1, Biru-biru. Mereka menghindari razia yang digelar Muspika Kecamatan Delitua bersama Lantas Polsek Delitua dan Dinas Perhubungan (Dishub) Deliserdang dalam rangka penertiban dan menindak dump truk tronton roda 10 yang melintas di Jl. Besar Delitua [Selasa 16/4]. Ternyata, razia tersebut hanya berhasil menjaring 4 dump truk tronton yang berani melintas.

Keempat truk tronton tersebut diamankan petugas ketika melintasi tempat razia dalam kondisi membawa muatan material Galian C dari beberapa lokasi penggalian di kawasan Patumbak dan Kecamatan Biru-biru yang diduga illegal. Keempat truk yang terjaring yakni BK 8614 XA milik CV Karya Logam, BK 8793 MC milik Edward Sitohang, B 9757 JJ milik Primakas dan truk BK 8472 BO milik Murni. Razia yang berlangsung sejak Pkl. 10.00 hingga 17.30 Wib ini dipimpin Camat Delitua Edi Yusuf bersama Kanit Lantas Polsek Delitua AKP M. Syafii dan anggota Satpol PP, petugas Dishub Deliserdang, PM TNI AD dan lainnya digelar sejak.

Menurut Dishub Deliserdang AH Nababan, keempat dump truk yang terjaring razia itu dikenakan sanksi Tilang atas pelanggaran terhadap Pasal 301 jo 125 mengendarai kenderaan tidak laik jalan di Jalan Kelas III.

“Tindakan tilang tersebut dilakukan dengan menahan buku speksi dari sopir serta memberikan himbauan agar tidak melalui jalan tersebut dengan kenderaan tronton roda 10 karena tidak sesuai kelaikan jalan yang berstatus kelas III,” ungkapnya.

Kanit Lantas Polsek Delitua AKP M Syafii mengatakan, razia penindakan terhadap truk tronton berukuran besar dan bermuatan yang diduga melebihi tonase tersebut akan tetap dilakukan. Sebelumnya petugas telah melakukan sosialisasi pemasangan rambu-rambu lalu lintas di jalan sekitar Kuburan Jepang, kantor Camat Delitua dan Polsek Delitua.

Sementara itu, puluhan ibu rumah tangga warga Kelurahan Delitua Timur dan Kelurahan Delitua Barat yang merasa resah dengan melintasnya ratusan dump truk berukuran besar tersebut tetap datang ke Kantor Camat Delitua untuk mendukung tindakan petugas.

Leave a Reply