SPBU Ajibaho Layani Pembelian BBM Menggunakan Jerigen

0
235

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Walau pihak Pertamina telah mengeluarkan instruksi agar tidak melayani komsumen dengan membawa jerigen, masih ada saja pengusaha SPBU nakal melakukan hal itu. Seperti yang terjadi di SPBU Desa Ajibaho (Kecamatan Biru-biru). Pantauan Sora Sirulo [Rabu 24/4 sekira Pkl. 17.00 wib], selain antrian jerigen, puluhan kendaraan dari roda dua hingga roda sepuluh terlihat berjejer menunggu memasuki kawasan SPBU untuk mendapatkan bahan bakar minyak.


Menurut SP Barus (34), salah satu warga di sekitar lokasi, antrian untuk mendapatkan BBM di SPBU tersebut sudah berlangsung sepekan terakhir,

“semenjak mendengar ada rencana pemerintah menaikan BMM bersubsidi, antrian kenderaan dan jerigen makin banyak, pak. Apalagi malam hari,” katanya.

Hal senada dibenarkan warga yang ikut mengantri membawa jerigen. Menurut warga yang mengaku sebagai penjual minyak eceran ini, untuk mendapatkan minyak, dia harus mengeluarkan uang dari harga yang telah ditetapkan.

“Biasalah, bang, untuk setiap jerigenya kita harus tambah dari harga standar. Kalau tidak, kita bisa antri berjam-jam lamanya,” ujar pria paruh baya ini yang namanya minta dirahasiakan.

Lanjut dikatakanya, yang paling kami sesalkan ketika mengisi BMM di pengisian Minyak Solar, ikut mengantri dengan armada Dum truk dan truk tronton.

“Mereka mengisinya lama kali, bang. Yang saya herankan, armada pengangkut bahan material itu, armadanya itu-itu saja. Menurut informasi saya dengar, pemilik truk tersebut sengaja menyarankan setiap truknya keluar harus mengisi BBM. Lantas, setelah sampai di pabrik di kawasan Patumbak, minyak solar tersebut kembali disedot untuk keperluan pabrik,” ujarnya.

Oleh karena itu, saya meminta kepada pihak SPBU jeli melihat itu. Apa lagi di sana ada petugas dari kepolisian. Jangan-jangan mereka sudah bekerjasama. Kalau kami belumnya menyalahi, bang, karena kami membawa rekomendasi camat untuk mengambil minyak. Untungnya pun cuma sedikit kok bang, tuturnya lagi.

Ket Poto; Tampak salah satu petugas SPBU sibuk mengatur arus lalu lintas. Sementara  antrian Truk terlihat berjejer di pinggir jalan menunggu antrian memasuki SPBU di Desa Aji Baho Kecamatan Biru Biru Deli Serdang.

Leave a Reply