Jalan Biru-biru–Sibolangit Terancam Putus

0
203
Salah satu titik longsor yang berada di Desa Suka Maju Kecamatan  Sibolangit Deli Serdang (Foto: Imanuel Sitepu)
Salah satu titik longsor yang berada di Desa Suka Maju Kecamatan Sibolangit Deli Serdang (Foto: Imanuel Sitepu)

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Biru-biru dengan Kecamatan Sibolangit, tepatnya di Desa Sukamaju (Kecamatan Sibolangit), kini terancam putus. Di beberapa titik, di kawasan itu, tampak badan jalan sudah termakan jurang. Menurut T. Tarigan (46), salah seorang warga ketika ditemui Sora Sirulo di lokasi [Jumat 17/5], beberapa titik jalan termakan longsor sudah terjadi 2 bulan terakhir.

“Longsor terjadi akibat tebing jalan  terkikis oleh air. Bila tidak segera ditangani secepatnya, diprediksikan jalan akan putus. Padahal, jalan ini salah satu jalan akses yang kerap digunakan masyarakat menuju Kabupaten Karo,” kata Tarigan.

Tarigan mewakili masyarakat sekitar meminta  agar jalan segera diperbaiki atau pun dilakukan upaya pemberonjongan agar badan jalan tidak semakin parah termakan longsor. Apalagi, kondisi kerusakan jalan ada sedikitnya 4 titik yang harus dilakukan perawatan.

“Bila tidak segera diperbaiki, jalan akan terputus dan ini artinya memutus perekonomian masyarakat. Beberapa desa terancam terisolir. Saya menyayangkan mengapa Pemkab Deliserdang  tidak cepat memperbaikinya. Apa lagi kejadian itu sudah berlangsung berbulan-bulan lamanya.” papar Tarigan.

Leave a Reply