Puting Beliung Hantam 2 Kecamatan Deliserdang

0
240

imanuel 30IMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Puluhan rumah di Kecamatan Pancurbatu dan Kecamatan Kutalimbaru (Kabupaten Deliserdang)  porak poranda akibat dihantam puting beliung [Sabtu 26/5 sore dan Minggu 27/5 sore]. Informasi diperoleh Sora Sirulo menyebutkan, akibat angin puting beliung yang disertai hujan lebat mengguyur 2 kecamatan ini. Puluhan warga kehilangan tempat tinggal karena atap seng rumah mereka lepas beterbangan.


Data yang diperoleh, sedikitnya 31 rumah di Perumahan Griya Tanjunganom dan Desa Tuntungan II (Kecamatan Pancurbatu) mengalami kerusakan cukup parah. Sementara satu rumah di Dusun IV Namo Bintang Desa Sukarende (Kecamatan Kutalimbaru) mengalami hal serupa.

Timur Surbakti (43) salah seorang korban bencana puting beliung kepada Sora Sirulo mengatakan: “Waktu kejadian, desa kami sedang diterpa hujan deras disertai angin kencang. Tiba-tiba, dari arah Selatan, datang angin berbentuk putaran menerpa rumahku ini. Seketika itu juga seng rumahku ini terbang sejauh 50 meter sehingga rumahku basah kemasukan hujan,” ujar bapak tiga anak ini.

Dijelaskan warga Dusun IV Namobintang Desa Sukarende ini lagi, sejak kejadian itu, baru ini bantuan yang datang dari HKTI Deliserdang dan pihak Kecamatan.

“Tapi waktu kejadian puting beliung  yang kualami bulan Peberuari lalu, tak ada bantuan sama sekali,” ujar Timur.

Ketua HKTI Deliserdang Sabam Sagala yang prihatian dengan kejadian itu langsung turun ke lapangan bersama Camat Kutalimbaru Taufik Harahap dan memberikan bantuan kepada korban, Begitu juga dengan pihak Kecamatan. Mereka langsung memberikan bantuan beberapa lembar seng dan beroti untuk menggantikan atap rumah yang diterbangkan angin puting beliung.

Camat Kutalimbaru Taufik Harahap saat dikonfirmasi membenarkannya.

“Memang, di wilayah kita ini ada satu rumah yang menjadi korban puting beliung. Begitu kita tahu, kita langsung turun ke lapangan untuk meringankan beban moril dan materil yang dialami korban,” ujar Taufik.

Leave a Reply