Demplot RBC Divisi Pertanian

0
302
Ketua Umum RBC Nancy Meinintha Brahmana bersama para anggota tim RBC Divisi Pertanian di Demplot RBC Tigapanah
Ketua Umum RBC Nancy Meinintha Brahmana bersama para anggota tim RBC Divisi Pertanian di Demplot RBC Tigapanah

USAHA B. BARUS. TIGAPANAH. Rakoetta Brahmana Centre (RBC) Divisi Pertanian telah membuka demplot seluas 5 Ha di Desa Tigapanah [1/5], tepatnya di Jalan Tigapanah—Sukanalu; kira kira 300 meter jaraknya dari Kantor Camat Tigapanah ke arah Desa Sukanalu. Di demplot ini ditanam tomat, cabe keriting dan sayur pait. Sebelumnya, di situ telah tersedia beberapa tanaman buah, yaitu jeruk, markisah bandung, markisah ungu, terung jepan, labu kuning dan labu air.

Program RBC Divisi Pertanian selanjutnya adalah menanam beberapa varietas cabe keriting hibrida, cabe hijau, cabe keriting lokal, terong ungu, terong hijau, wortel, kol bunga, brokoli, bunga potong dan strawberry. Di demplot ini akan dilakukan berbagai perlakuan pemupukan dan perlakuan pemakaian pestisida yang nantinya sebagai pilihan petani Karo untuk diterapkan di lahan pertanian mereka masing masing.

Berikutnya,  RBC Divisi Pertanian akan menyediakan berbagai benih unggul serta pembibitan hortikultura dan buah-buahan.

Setelah semua demplot terisi sesuai dengan program, maka RBC Divisi Pertnin akan membuka kios untuk menjual buah-buahan, sayur-mayur, aneka juice dan produk olahan lokal, souvenir Karo.

Program RBC Divisi Pertanian sangat didukung oleh Dirjen Hortikultur Kementrian Pertanian RI, Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten Karo untuk nantinya menjadi tempat petani melkukan studi banding, sekolah lapang dan berdiskusi antar sesama petani maupun antara petani dengan para penyuluh pertanian, sebagai sarana studi banding petani / PPL dari luar daerah Karol. Direncanakan, kawasan demplot ini menjadi kawasan agrowisata.

Wisatawan dibebaskan memetik sendiri buah dari pohonnya serta memanen sendiri sayur-sayuran.

Juga akan dibuat demplot khusus untuk tanaman obat-obatan yang dikelola oleh Nancy Meinintha Brahmana, Ketua Umum RBC.

Leave a Reply