Presedium Panitia Pemekaran Kabupaten Deli Lantik 10 Pengurus Kecamatan 188 Pengurus Desa

8
398
Ribuan warga memadati Wisma Deli Persada Delitua saat pelantikan Pengurus Panitia Pemekaran Kabupaten Deli (PPKD) [Sabtu 1/6 malam] (Foto: Imanuel Sitepu).
Ribuan warga memadati Wisma Deli Persada Delitua saat pelantikan Pengurus Panitia Pemekaran Kabupaten Deli (PPKD) [Sabtu 1/6 malam] (Foto: Imanuel Sitepu).

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Ketua Presedium Panitia Pemekaran Kabupaten Deli, Timbangen Ginting BBA, melantik 10 pengurus kecamatan dan 188 pengurus tingkat desa di Wisma Deli Persada Delitua [Sabtu 1/6: 20.00 wib]. Pantauan Sora Sirulo, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang mendiami 10 kecamatan (Delitua, Biru-biru, Namorambe, Pancurbatu, Sibolangit, Kutalimbaru, Sunggal, Patumbak, STM Hilir dan STM Hulu). Warga membeludak memenuhi Wisma Deli Persada hingga ke pelataran parkir menyaksikan acara pelantikan tersebut.


Mewakili Ketua pelaksana, Alexander Ginting dalam kata sambutannya mengatakan, pelantikan terhadap pengurus kecamatan hingga pengurus desa yang dilaksanakan sekaligus untuk kembali mendeklarasikan Panitia Pemekaran Kabupaten Deli (PPKD) serta sekaligus meperingati lahirnya Pancasila 1 Juni 2013 atau 68 tahun lalu. 

Dijelaskan Alexander Ginting, Pemekaran Kabupaten Deli sebenarnya telah direstui oleh Gubernur Sumatrera Utara sewaktu dijabat Rudolp Pardede pada tahun 2008 dan Bupati Deliserdang Tahun 2002  Abdul Hafit. Juga telah dilakukan verifikasi tentang syarat-syarat pemekaran oleh  DPRD Tk I Sumatra Utara dan DPRD Deliserdang yang saat itu diketua Wagirin Arman.

Hal serupa dibenarkan Wakil Ketua DPRD Deliserdang  Wagirin Arman. Dalam kata sambutanya, Wagirin Arman malah mengatakan kalau Timbangen Ginting BBA tetap konsisten memekarkan Kabupaten Deli.

“Mari kita doakan supaya Timbangen Ginting menjadi Bupati Deliserdang. Dalam seminggu kepemimpinanya, Kabupaten Deli akan dimekarkannya.  Biar pun aku orang jawa, tapi mimpiku sama dengan mimpi orang karo,” kata Wagirin penuh semangat.

Lebih jauh dikatakanya, apa yang dilakukan Timbangen adalah salah satu infiltrasi untuk memajukan rakyat Deliserdang di 10 Kecamatan yang terdiri dari 188 Desa serta dihuni oleh sekira 600 ribu jiwa.

“Tidak ada kekuatan apapun yang bisa mencegah karena semua sudah sesuai persyaratan. Tidak ada opsi lain, Deliserdang Harus dimekarkan. Jangan lemah jangan kendor. Tetap dukung kabupaten Deliserdang,” kata Wagirin Arman.

Sementara, Ketua Presedium Pemekaran Kabupaten Deli (Timbangen Ginting BBA) yang juga Balon Bupati Deliserdang, usai melakukan pelantikan mengatakan, lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 atau tepatnya 68 tahun lalu menjadi momentum kebangitan kita untuk tetap bersatu memekarkan kabupaten Deli dari Kabupaten Induk Deliserdang.

“Tujuan pembentukan Kabupaten Deli adalah untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat yang berada di 10 kecamatan. Untuk mencapai tujuan itu, kita harus bergandegan tangan supaya kita kuat sehingga Kabupaten Deli cepat terwujud. Bekerjalah sungguh-sungguh,” Kata Timbangen Ginting di hadapan pengurus yang dilantik serta disaksikan ribuan warga.

Dalam pelantikan itu, terlihat beberapa pengurus yang diambil sumpah janjinya tampak berlinang air mata. Salah satu pengurus desa yang dilantik secara spontan mengatakan:

“Kami masyarakat sudah 11 tahun menunggu terbentuknya Kabupaten Deli. Mari kita satukan  tekad bersama agar kabupaten Deli secepatnya terbentuk,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Wagirin Arman dan Ruben Tarigan SE. Tokoh Masyarakat seperti Semangat Sembiring, Letkol Purn. Musim Firman Tarigan, drs. Masti Pencawan serta undangan lainnya.

8 COMMENTS

  1. Semoga cepat terbentuk, dan kalau bisa bagaimana kalau namanya Kab. Deli Karo…

    Mengingat bahwa daerah daerah yang disebutkan diatas adalah daerah tradisonil/ulayat Karo. Jadi nama “Kab. Deli Karo” sepertinya sangat cocok untuk diusulkan.

    Mejuah-juah!

  2. semoga kabupaten deli terbentuk,agar masyarakat semakin sejahtra,,,,,,,,
    kabupaten deli,kami siap mendukungmu,,,,,,,,,,,,,,

  3. Tapanuli sudah memiliki 5 kabupaten. Semoga Karo juga dapat seperti tapanuli… semakin banyak wilayah Karo terbentuk… Jaya terus Rumpun masyarakat Karo ! Mejuah-juah

  4. Pemekaran Kab. Langkat Hulu ( mayoritas penduduk kalak Karo) berpisah dengan Kab. Langkat sudah mendapat persetujuan sampai DPRD Sumut dengan calon ibu kota Kuala.

  5. Sangat setuju dengan pemekaran ini, semoga apa yang di citakan cepat tercapai…. dan Kab Deli akan semakin Maju dari segala hal… mejuah2

    • SEMOGA CEPAT TERBENTUK KABUPATEN DELI… jangan kita mau kalah,, agar wilayah Karo semakin bertambah … Hidup KALAK KARO !!!

      • BIAR KABUPATEN DELI CEPAT TERBENTUK MAKA HARUS PILIH BUPATI NYA TIMBANGEN GINTING BBA DAN PARNINGOTHAN SIMBOLON JADI BUPATI DELISEDANG.

Leave a Reply