Jadi Bede Sabu, Mantan Polisi Diringkus

0
188

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. LUBUK PAKAM. Lantaran 2 tahun lamanya tak bertugas, atau desersi dari kedinasannya sebagai Personil Sabhara di Polres Tapanuli Utara, membuat Briptu Sopian (38) bapak 3 anak yang tinggal di Jl. Pantai Labu, Dusun Sadar Barat, Desa Sekip (Lubuk Pakam) ini akhirnya dipecat dari Kepolisian. Informasi diperoleh Sora Sirulo menyebutkan,  sejak tak jadi Polisi di tahun 2010, pria beristri dua ini pun kerap mengkonsumsi sabu-sabu, terutama sejak dia  pisah ranjang dari istri pertamanya yang memilih mengadu nasib ke negri jiran Malaysia.

Karna itu pula, Sopian  mencoba mandah ke kawasan Kecamatan Galang (Kabupaten Deliserdang). Di kota kecil ini, Sopian yang sudah mengalami ketergantungan narkotika, malah beralih profesi sebagai pengedar. Di sebuah rumah yang dihuni oleh seorang ibu tua di Jl. Pertemuan, Lingkungan 4, Kelurahan Galang Kota, dimana mantan Polisi ini tinggal sejak tahun lalu, Sopian mulai menggelar bisnis ilegalnya itu.

Dagangan ilegal yang dilakoni Sopian pun kian hari kian berkembang. Semula hanya modal 1 gram sabu-sabu hingga kini Sopian mampu menjualkan barang haram itu kepada masyarakat 4 gram dalam kurun dua hari.

Sopian pun makin dikenal warga sekitar. Para pemakai sabu-sabu di kota kecil itu pun mengenal Sopian dengan julukan ‘Pian Polisi’. Hanya saja, sepak terjang mantan Polisi yang pernah bertugas di Polsek Galang itu akhirnya mulai diawasi oleh pihak Kepolisian setempat.

Kamis [13/6: sekira 16.00 Wib], pria bertubuh kurus itu pun akhirnya menemui naasnya. Sore itu, petugas Polsek Galang menangkapnya ketika dia sedang tertidur nyenyak di rumah kontrakannya di Jl. Pertemuan, Kelurahan Galang kota.

“Jangan melawan, kau! Kami Polisi,” bentak salah seorang petugas yang langsung memegang pergelangan tangan Sopian. Tak disangka, Sopian yang sontak terkejut sempat melakukan perlawanan dengan cara memiting tubuh salah satu petugas. Hanya saja, Sopian jelas kalah duel dengan Polisi. Buktinya, petugas langsung menyikut bagian perut Sopian dan lantas dengan gerakan karatenya, salah satu petugas membanting tubuh mantan Polisi itu hingga terduduk ke lantai rumah.

Begitu diamankan, Sopian langsung digelandang ke Mapolsek Galang bersama barang bukti yang diamankan darinya berupa 4 gram sabu-sabu yang dikemas dalam 4 plastik klip, 1 buah timbangan elektrik serta 1 unit HP dan beberapa lembar kertas berisikan catatan Sopian yang berisikan soal nama-nama pelanggannya yang masih berhutang padanya.

“Sejak dipecat dari Kepolisian, aku mulai berbisnis ilegal ini. Setelah aku tak jadi Polisi lagi, istri pertama dan ke dua pun kabur dari hidupku. Ketiga anaku dari istri pertama pun sejak itu diasuh oleh mertuaku yang tinggal di seputaran kota Galang,” tutur Sopian.

Kapolsek Galang AKP Wahyuddin kepada wartawan ketika dihubungi [Jumat 14/6] menyatakan, sebelum melakukan penangkapan,  pihaknya memang lebih dulu memantau sepak terjang Sopian. Begitu ada info bahwa mantan Polisi itu baru saja melakukan transaksi, pihaknya pun langsung menciduknya,” jelas Kapolsek.

Leave a Reply