RBC Karo Panen Perdana Sayur Pahit

1
186
Panen Perdana Sayur Pait dari RBC Divisi Pertanian di Tigapanah (click foto untuk ukurn besar)

bernard pangariabunBERNARD PANGARIBUAN. TIGAPANAH. LSM Rakoetta Brahmana Center (RBC) Karo adakan Panen Perdana Sayur Pahit setelah selama 30 hari atau 1 bulan dibudidayakan di areal Lahan Pertanian RBC di hamparan lahan seluas 5 Ha di Jalan Tigapanah-Sukanalu Desa Tigapanah (Kecamatan Tigapanah) [Jumat 14/6 sore]. Panen Perdana ini dihadiri Ketua Umum RBC Nancy Meynintha Brahmana didampingi Penasehat Divisi Pertanian, Usaha Barus dan Ivan Sitepu beserta Ganti Brahmana, Kasir Brahmana, petani Sugiman Ginting dan Nuriaty br Sembiring. Panen dilakukan dengan pemotongan sayur pahit di sela-sela tanaman tomat. Hasil panen perdana ini masih dijual ke pasar lokal tradisional Tiga Panah.

Nancy Brahmana didampingi Ivan Sitepu dalam sambutannya, pelaksanaan demplot pertanian di areal perladangan Desa Tigapanah adalah wujud kepedulian RBC pada masyarakat Karol.

“Ini yang menjadi visi misi Yayasan RBC Karo dari anak dan cucu Rakoetta Brahmana yang Bupati Karo pertama sejak berdirinya Pemda Karol,” ujar Nancy.

Lanjut Nancy, pihaknya sangat konsen mendukung pembangunan Bangsa Indonesia sebagai bagian anak bangsa yang peduli sesama dengan kasih yang diajarkan dalam Firman Tuhan sesuai agama yang kita anut.

“RBC ambil bagian khusus untuk upaya peningkatan perekonomian dan mental spiritual warga Karo sesuai Pancasila dan UUD 1945 dalam sektor pertanian, Pendidikan, Kesehatan dan ketrampilan tangan mendukung usaha ekonomi rumah tangga,” pungkasnya.

Khusus dalam Divisi Pertanian, pihaknya telah membudidayakan beberapa tanaman pertanian yang menjadi komoditi masyarakat Karo dengan varietas bermutu serta pemupukan dan perlakuan pemupukan yang tepat guna mengarah kepada pertanian organic. Walau saat ini pertaniannya masih semi organik, seperti tomat, cabe, sayur pahit, jagung manis, buncis, terong besar, jeruk, marquisa Karo maupun marquisa Bandung serta buah labu.

Pihaknya tetap kerjasama dengan ahli agronomis, pemerintah dari instansi terkait, serta penjajakan kepada perusahaan bibit, pupuk dan penampung hasil panen. Dengan itu, diharapkan slalu pelaksanaan Divisi Pertanian dipimpin Usaha Bangun Barus dan Ivan Sitepu mendapat dukungan ahli pertanian untuk rekomendasi yang bermutu, dan dengan biaya produksi minimal, ujar Nancy diamini Ivan dan pelaku petani.

Nancy mengajak seluruh pihak yang bergerak dalam bidang pertanian khususnya para petani se Taneh Karo mendukung demplot RBC yang terletak di Desa Tigapanah ini dengan mengadakan kunjungan dan tukar pengalaman cara bertani yang sesuai jaman modern sekarang.

“Tempat bertukar info bertani, seperti saat ini, tanaman percontohan yang ada sangat baik dan bagus dalam pengawasan agronomis Divisi Pertanian RBC,” ujar Ivan menimpali.

1 COMMENT

  1. sangat bagus untk diteruskan. tolong buat kelompok pemuda 10 atau 20 rang untuk mengemabangkan kegiatan yang sama dan persiapkan beberapa pemuda yang bisa ikut ke Korea Selatan bulan Desember dengan hanya menanggung biaya trasport pesawat pp. Disana akan di biayai organisasi 4H (Head,Hart,Hands, Health) dalam rangka Youth Winter Camping and 4H Executive Conference 2013. Dan nanti tim pemuda dari Korsel (4hrs) akan mau datang ketanah karo dan tinggal bersama penduduk/pemuda remaja. GBU

Leave a Reply