In Memoriam Pt. Em. DR (HC) Aren Tarigan Sibero MSc

0
253

mulia sembiring 20mulia sembiring 2MULIA SEMBIRING. DEPOK. Upacara adat penguburan Alm. Pt. Em. DR (HC) Aren Tarigan Sibero MSc dihadiri ribuan pelayat yang datang dari seputar Jabodetabek, Banten. Bandung dan sekitarnya serta sebagian lainnya datang dari Medan. Mereka memenuhi rumah duka mendiang. Dimulai dari sejak kepergiannya [Jumat 21/6], rumah yang terletak di Komplek Pesona Khayangan Estate, pemukiman elit di Kota Depok ini secara bergantian dihadiri saudara-saudara, keluarga, kerabat, teman dan handaitaulan. Sebagai bentuk pernyataan duka dan penghormatan terakhir, para pelayat ini menyampaikan kata duka kepada keluarga terdekat.

Seluruh keluarga dekat merasa terpukul atas peristiwa ini. Almarhum tidak mengidap sakit apa-apa selama ini. Apalagi, sebagai orang Karol, sangat berat rasanya jika orangtua meninggal Nadingken Tegun Lolo, karena masih ada seorang putrinya belum menikah.

Di masa-masa pensiun dari PT Inalum sekitar 10 tahunan, almarhum selalu diisi mengisi hari-harinya dengan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan. Almarhum sangat rajin menghadiri pesta adat Karo. Untuk itu, dia sering bolak-balik Medan—Jakarta. Beliau juga rajin berolahraga.

Di saat-saat terakhir sebelum hari kematiannya [Kamis 20/6], beliau masih menghadiri sermon yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Kamis malam di GBKP Depok Lt. Agung. Pagi harinya [Jumat 21/6], dia masih sempat bermain golf di Bukit Sawangan Golf, di bilangan Depok. Beliau sudah berlangganan rutin di sana.

Berangkat dari rumah sekitar pukul 5 pagi dan disaat bermain Golf itulah dia terjatuh dan tidak sadarkan diri. Segera dilarikan ke RSUD depok karena RS itu yang paling dekat. Tapi sesampainya di RS dikatakan bahwa nyawa mantan Ketua Majelis Runggun GBKP Depok – Lt.Agung sudah tidak ada lagi.

Setelah melewati rangkaian acara dari pemberian “maneh-maneh” dan ucapan duka dari sangkep enggeluh, di akhir acara (sekitar Pkl. 15.00) diserahkan ke Majelis Runggun GBKP Depok Lenteng Agung tempat almarhum mengabdi selama ini. Liturgi penguburan pun dilaksakan oleh Majelis Runggun GBKP. Mendiang wajib dibawa dan diliturgikan di dalam gereja ini karena beliau adalah seorang pelayan/serayan (pertua) dan juga telah mendapatkan tanda emeritus dari Moderamen GBKP. Dia telah mengabdi hampir 30 tahun sebagai pertua di GBKP.

Gedung GBKP Depok Lenteng Agung disesaki keluarga pelayat yang ingin menyaksikan penghormatan terakhir kepada jenazah sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan yang terakhir di TPU Kampung Kandang Jakarta Selatan. Banyak kenangan teramat indah ditinggalkannya. Pesan terakhir kepada seluruh pelayan Tuhan di GBKP Depok Lenteng Agung pada saat sermon terakhirnya adalah: “Sudah saatnya terjadi pertobatan seluruh jiwa-jiwa yang mulai tersesat oleh kejahatan dunia, khususnya bagi pelayan Tuhan.”

Dia telah tenang bersama Bapa di sorga. In memoriam Alm.Pt.Em.DR(HC)Aren Tarigan Sibero, MSc.

Leave a Reply