Lahan Kebun Beralih Jadi Kolam Ikan, Pejabat PTPN 2 Cuek

0
187

imanuel 80IMANUEL SITEPU. PATUMBAK. Penggarapan areal PTPN 2 di sejumlah kebun sepertinya tidak ambil pusing pejabat PTPN 2 baik di tingkat kantor direksi maupun tingkat perkebunan. Pasalnya, saat ini kebun berplat merah tersebut bukan saja dijadikan menjadi lokasi penambangan Golongan C. Oleh beberapa warga, ratusan pohon tanaman kelapa sawit milik Kebun Patumbak yang masih produktif, tepatnya di Afdeling V (Pondok Pol) Dusun VIII Desa Limau Manis (Kecamatan Tanjungmerawa), tidak jauh dari Kantor Afdeling V, ditumbangi dengan eksekopator (Beko) dan dicetak menjadi kolam ikan.


Informasi diperoleh Sora Sirulo [Jumat 28/6] di Patumbak menyebutkan, pihak keamanan kebun sendiri dikabarkan ikut mengawasi pekerjaan pembuatan kolam ikan yang diisukan milik inisial B (45) warga Desa Medan Senembah (Kecamatan Tanjungmerawa). 

“Ironisnya, meski pembuatan kolam ikan dan aksi penumbangan pohon tanaman sawit dilakukan siang hari, tak ada larangan sedikitpun dari pihak kebun. Bahkan, para keamanan yang setiap hari mondar-mandir mengawasi kebun itu sepertinya tutup mata dan telinga mendengarkan desingan suara alat berat beko menggelegar di tempat itu,” kata sejumlah karyawan PTPN 2 kepada wartawan Sora Sirulo.

Dijelaskanya, pohon sawit dinyatakan masih produktip yang ada di areal perkebunan tersebut, dalam waktu singkat tumbang berserakan di atas tanah. Padahal, dulunya, di tengah kawasan perkebunan ini dipenuhi tanaman sawit. Dalam sekejap disulap menjadi kolam ikan setelah pohon sawit bertumbangan.

“Para petugas keamanan kebun sepertinya sudah mendapat ipit-ipit dari pengusaha sehingga tak satu pun menampakkan batang hidungnya untuk melakukan pelarangan terhadap aksi brutal big bos mafia tanah itu,” kata seorang karyawan yang namanya minta dirahasiakan.

Gawatnya, ketika hal ini dikonfirmasi kru koran ini kepada Asisten Kepala Kebun Patumbak Rinaldi Nasution, malah mengaku belum ada menerima laporan dari lapangan.

“Tanyakan saja kepada Direktur Perencanaan PTPN 2 Hakim Bako dan Komaruzzaman Direktur SDM,” ucapnya terkesan buang badan.

Ratusan pokok tanaman kelapa sawit ditumbangi dan dicetak menjadi kolam ikan.

Leave a Reply