Pengerjaan Proyek P2KP Desa Tanjungmerawa B Terbengkalai

0
159

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. TANJUNGMERAWA. Warga Desa Tanjungmerawa B (Kecamatan Tanjungmerawa) kecewa atas pengerjaan proyek perbaikan badan jalan yang asal jadi.  Mirisnya lagi, perbaikan badan jalan yang berlokasi di Gg. Mesjid (Dusun I)–Gg. Bidan (Dusun II) hingga kini belum selesai alias terbengkalai.


“Dana perbaikan jalan/gang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) guna mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) atau sering juga disebut Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP),” demikian dikatakan tokoh masyarakat Desa Tanjungmerawa B, Syahruna alias Runa dan M. Sani alias Mep kepada sejumlah wartawan [Sabtu 13/7].

Dikatakan oleh mereka, saat ini jumlah proyek yang dikerjakan di desa itu berada di tiga titik; Dusun I, II dan III. Tapi semua pengerjaan badan jalan ke dusun-dusun itu amburadul dan tak kunjung selesai.

“Kami atas nama warga Desa Tanjungmerawa B sangat kecewa atas pengerjaan proyek jalan karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Kemudian, proyek dikerjakan malam hari. Plangnya juga tidak ada. Jadi, tidak tahu berapa jumlah anggarannya,” kata Runa dan Mep.

Mereka berharap, kepada pihak Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam dan dinas terkait agar dapat memeriksa dan memanggil pengelola anggaran P2KP di Desa Tanjungmerawa B yang kurang bermutu dan diduga ada manipulasi. Kemudian, kepala Desa Tanjungmerawa B diduga ikut terlibat adanya proyek kong kali kong ini karena berulangkali disampaikan masalah tersebut terkesan tidak peduli.

Untuk Dusun I, panjang badan jalan yang hanya dikerjai sekira 50 meter, lebar 2 meter, ketebalan hanya 5-6 centimeter dengan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), I. Lubis. Sedangkan di Dusun II, panjang yang dikerjai cuman sekira 60 meter, lebar sekira 1,8 meter dan ketebalan ditaksir 5-6 centi meter dengan Ketua KSM nya.

Runa selaku Pelaksana Tugas (Plt) Ketua BPD Desa Tanjungmerawa B yang didampingi Mep sebagai Wakil Ketua LKMD mengatakan, mereka sepakat dalam waktu dekat ini masalah pengerjaan proyek perbaikan badan jalan itu akan dilaporkan ke kepolisian dan kejaksaan.

Leave a Reply