Tahanan LP Tanjung Gusta Kabur, Polres Deliserdang Gelar Razia

0
108
Kapolsek Talun Kenas AKP Amir Sinaga SH saat melakukan pemeriksaan dalam razia yang digelar Polres Deliserdang
Kapolsek Talun Kenas AKP Amir Sinaga SH saat melakukan pemeriksaan dalam razia yang digelar Polres Deliserdang

IMANUEL SITEPU. TANJUNGMERAWA. Guna menangkap kembali sejumlah Napi yang kabur dari Lapas Klas I Tanjunggusta, Medan, jajaran Polres Deliserdang kembali melakukan razia terhadap sejumlah mobil pribadi dan truk yang melintas dari Pintu Tol Tanjungmerawa menuju Tebingtinggi, tepatnya di depan Lapangan Garuda Tanjungmerawa [Sabtu 13/7 malam].

Ini dilakukan sesuai arahan Kapolda Sumut Irjen Pol Syarief Gunawan pasca kaburnya ratusan tahanan setelah membakar gedung Lapas. Razia digelar bergiliran antara titik pertama dan ke tiga dengan jangka waktu tiga jam. Setiap tempat diturunkan 30 personel polisi yang dipimpin perwira berpangkat AKP. Mereka juga dilengkapi senjata.

Sasaran razia adalah para pengendara yang melintas. Petugas memeriksa sejumlah kelengkapan berkendara sekaligus mengendus gerak-gerik pengendara. Bila tidak memiliki identitas, petugas langsung mengamankan pengendara dan melakukan pemeriksaan.

“Siapa tahu ada napi yang menumpang kendaraan yang melintas,” ujar Kapolres Deliserdang AKBP Dicky Patrianegara SH.Sik.MSI kepada wartawan koran ini.

Lanjutnya, hingga akhir razia Minggu [14/7] dini hari, petugas tidak mendapati napi Lapas Tanjung Gusta. Kendati demikian, razia serupa akan terus digelar hingga batas waktu yang tidak dapat ditentukan.

Seperti diketahui, ratusan tahanan LP Tanjung Gusta kabur usai terjadi pembakaran. Pembakaran dipicu kekesalan para Napi lantaran tidak adanya pasokan air dan diperparah dengan padamnya listrik. Pembakaran terjadi sekira pukul 18.30 WIB atau menjelang buka puasa.

Wamenkum HAM Denny Indrayana menyebut Lapas tersebut sudah melebihi kuota dengan penghuni lebih dari 2.000 orang, sedangkan daya tampung lapas hanya 1.000an orang. Akibat peristiwa itu, 5 orang tewas terpanggang, salah satunya sipir Lapas. Meski banyak tahanan kabur, beberapa diantaranya sudah ditangkap dan ada juga yang menyerahkan diri.

Leave a Reply