Warga Karo Satukan Pandangan Hadapi Pemilukada dan Pemilu Legislatif

2
150

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. DELITUA. Kendati Pemilukada untuk memilih Balon Bupati/ Wakil Bupati Deliserdang serta Pemilu Legislatif masih beberapa bulan lagi, kaum bapak di  Kecamatan Delitua menunjukkan sikap pedulinya menjaring para calon dengan menggelar acara ramah tamah di Jambur Deli Persada (Delitua) malam ini [Sabtu 20/7] dimulai Pkl. 19.30 wib.


Menurut ketua Panitia Penyelenggara (Simsu Bukit SH) didampingi seketaris (Sejati Bangun SH) kepada Sora Sirulo [Jumat 19/7] di Delitua, ramah tamah yang diselingi hiburan perkolong-kolong serta artis hare-hare dari Kabupaten Langkat ini bertujuan menguji kelayakan para kandidat yang nanti akan dipilih sebagai Cabup/ Cawabup serta anggota legislatif Kabupaten Deliserdang periode mendatang. 

“Acara yang digelar para kaum bapak ini juga untuk membahas perkembangan politik terkini jelang pesta demokrasi yang bakal digelar di Kabupaten Deliserdang,” katanya.

Dijelaskan Simsu Bukit, Balon Bupati/ Wakil Bupati dari calon independen maupun yang dari usungan partai politik serta calon anggota legislatif yang bakal diundang dalam acara ramah tamah natinya adalah  putra daerah yang berasal dari kawasan pegunungan Deliserdang terutama etnis suku Karo.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, warga Kecamatan Delitua sekitarnya dapat mengenal sosok calon pemimpin di Deliserdang 5 tahun ke depan. Dengan demikian, warga dapat mengetahui siapa pilihannya. Di samping itu, warga juga natinya mampu mengantisipasi berdasarkan kesadaran mereka terhadap berpolitik sehingga  tidak terjerumus ke dalam politik kotor seperti money politic,” bebernya.

Dengan demikian, sambungnya, pemimpin Deliserdang ke depannya benar-benar profesional dan memiliki kualitas legalitas yang jelas serta mampu mengemban amanah rakyat. Materi utama yang bakal dipertanyakan kepada setiap calon adalah tentang persiapan mereka sebagai kandidat, termasuk kesiapan finansial, hingga kesiapannya jika kelak tidak dapat rekomendasi maju sebagai calon  pemimpin.

“Oleh karena itu, selaku warga suku Karo, mari kita  satukan hati dan pikiran menghadapai Pemilu yang bakal digelar, terutama untuk menyongsong Pemilukada untuk memilih Calon Bupati/ Wakil Bupati bulan Oktober ini. Kita berharap kepala daerah yang bakal menduduki Deliserdang Satu adalah putra Karo terbaik yang  betul-betul bermutu dan layak memimpin rakyat,” sambung Sejati Bangun.

2 COMMENTS

  1. “Oleh karena itu, selaku warga suku Karo, mari kita satukan hati dan pikiran menghadapai Pemilu yang bakal digelar, terutama untuk menyongsong Pemilukada untuk memilih Calon Bupati/ Wakil Bupati bulan Oktober ini. Kita berharap kepala daerah yang bakal menduduki Deliserdang Satu adalah putra Karo terbaik yang betul-betul bermutu dan layak memimpin rakyat,” sambung Sejati Bangun.

    ‘Bermutu dan layak memimpin rakyat’, . . . mutu dan kelayakan enda tetap bas proses si la erngadi-ngadi. Encage enda pe bas perbandingen ka nge situhuna. Bandingken min uga bupati pendatang Deliserdang sedekah enda enggo maksimal merusak lingkungan tanah ulayat Karo Deliserdang pakai macam-macam dalih, tapi tujuan utamana emkap RUSAK, BAGI-BAGI DAN KUASAI. Semakin berduyun pendatang Batak ke Deliserdang, termasuk camat-camat seh ku penguluna. La kin enda nge tujuan kalak enda hakeketna? Adi kalak Karo tentu la lit tujuan sibagenda, gia enda pe perjuangan ka nge, sebab kai pe labo lit bagi nakan enggo tersedia bas piring tinggal makan. Meningkatkan mutu ndai, menkingkatkan bas proses nge kari rusur. Proses enda banci dari nol, ngataken labo bagi mbalikkan tangan nina kin. Tapi proses enda pe labo lit adi la lit bahanna, ertina enggo imulai lebe bas Karo nari. Arah Karo Enda Ndai!

    Inisiatif ‘kaum Bapak’ ini, pertama dalam sejarah Deliserdang sepanjang abad, sejak kolonial sampai ku zaman internal kolonial (jajahan pendatang atas penduduk ulayat) bagi sigundari. Maka enda lit erti penting sejarahna. Maka kerina Karo Deliserdang enggo waktuna erbahan penilaian meganjang Inisiatif Kaum Bapak Karo enda. KBB (Karo Bukan Batak) akan mencatat dalam buku sejarahnya peristiwa ini dengan TINTA EMAS.

    “Satu-satunya anggota DPR saat ini yang berdarah Karo adalah Arif Budimanta Sebayang dari Dapil 3 Jabar ( Kota Bogor & Cianjur). Kalak Sunda saja pilihna kalak Karo.” (Lawit Gintng)

    Enda soal mutu ndai. Mutu Karo!

    Kerina penggagas KBB 100% mendukung Inisiatif Kaum Bapak Karo Deliserdang.
    Selamat dan Sukses

    MUG

  2. Benar sekali. Warga Karo harus satukan pandangan agar orang Karo terpilih baiik dalam pilkada maupun Pemilu Legislatif. Lihatlah malu kita orang Karo saat ini tidak ada wakil kita orang Karo di DPR Pusat dari Dapil 1 ( Medan, DeliSerdang & Serdang Bedagai) demikian juga dari Dapil 3 ( Langkat, Karo, Dairi, Simalungun, Asahan ). Satu-satunya anggota DPR saat ini yang berdarah Karo adalah Arif Budimanta Sebayang dari Dapil 3 Jabar ( Kota Bogor & Cianjur). Kalak Sunda saja pilihna kalak Karo.

Leave a Reply