Penertiban Pedagang Pasar Sidikalang Beralih Ricuh

0
187

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. SIDIKALANG. Penertiban pedagang kaki lima di Pasar Sidikalang berlangsung ricuh [Selasa 23/7]. Pedagang yang berjualan di luar pasar menolak ditertibkan oleh petugas Satpol PP dan aparat kepolisian. Para pedagang mengamuk dan merusak pagar. Salah seorang pedagang perempuan nekat membuka bajunya di depan umum sebagai wujud protes atas  penggusuran ini.

ngguntur purba 30

Pedagang  menolak ditertibkan karena mereka menganggap pihak pengelola tidak tegas dalam melakukan penertiban. Pedagang tuding manageman PD Pasar tidak becus dalam mengelola Pasar Sidikalang. Karena itu, para pedagang menolak digusur dan melakukan perlawanan terhadap petugas Satpol PP yang hendak melakukan pembongkaran lapak pedagang. Mereka merusak pagar luar PD Pasar terbuat dari seng. Salah seorang pedagang mengolok-olok petugas yang akan melakukan penertiban. Bahkan, salah seorang pedagang perempuan nekat membuka bajunya di depan umum sebagai pernyataan protes terhadap penggusuran. Mereka membakar keranjang di tengah jalan untuk menghalau petugas melakukan penggusuran.

Mereka juga sempat bersitegang dengan anggota DPRD Dairi yang saat itu ikut serta dalam penertiban  pedagang. Pedagang  menuding wakil rakyat ini tak paham dengan penderitaan para pedagang saat ini dan mengancam tidak akan memilihnya lagi.

Sebelumnya, para pedagang ini sudah ditertibkan dan berjualan di dalam lokasi pasar. Namun, mereka kembali  menjajakan dagangannya di luar areal pasar. Hal ini bisa terjadi karena tidak seluruh pedagang dipindahkan ke dalam areal pasar. Akibatnya, para pembeli hanya berbelanja di luar areal dan pedagang yang berjualan di dalam tidak laku. Merasa rugi,
merekapun kembali berjualan di luar.

Menurut pedagang, di luar area pasar banyak pedagang luar yang menjajakan dagangan dengan menggunakan mobil barang. Pihak pengelola pasar tidak menertibkan mereka. Pedagang menuding pihak pengelola pasar tidak tegas melakukan penertiban.

Selain Satpol PP dan Dinas Perhubungan, penggusuran ini juga dikawal oleh pihak aparat keamanan dari Polres Dairi dan Kodim 0206 Dairi.

Leave a Reply