Jalan Biru-biru–Bandarbaru Rusak Parah

0
269

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU, Kondisi jalan sepanjang puluhan kilometer yang menghubungkan Desa Penen (Kecamatan Biru-biru) dengan Bandarbaru (Kecamatan Sibolangit) sangat memprihatinkan. Jalan ini sudah rusak berat bertahun-tahun. Namun, hingga kini, tidak ada perhatian dari Dinas PU Deliserdang, ujar Petrus Tarigan (41), warga setempat, ketika ditemui Sora Sirulo [Minggu 4/8: sekira 13.00 Wib].

imanuel 126
Kondisi salah satu bagian jalan yang menghubungkan Kecamatan Biru-biru—Sibolangit yang mengalami kerusakan cukup parah (Foto: Imanuel Sitepu) (Click foto untuk ukuran besar)


“Lubang-lubang yang menghiasi seluruh median jalan meresahkan warga setempat dan pengguna jalan. Soalnya, jalan ini merupakan jalan alternatif menuju Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) dan menghubungkan sejumlah desa di Karo Hilir (Karo Jahe) bagian Timur seperti Desa Mardingding, Pagarbatu, Sukamaju dan beberapa desa lainnya di Kabupaten Deliserdang,” Kata Tarigan yang dibenarkan Lolok Tarigan serta  warga Karo Jahe lainnya.

Jalan ini sebenarnya tak pernah bagus. Begitu usai diperbaiki, kembali rusak.

“Perbaikan yang dilakukan hanya bertahan beberapa bulan saja, selanjutnya kembali berlubang hingga sekarang,” beber mereka.

Warga Karo Jahe bagian Timur ini sangat berharap Pemkab Deliserdang tidak cuma memperbaiki badan jalan yang rusak saja, tapi juga dapat menimbun badan jalan terlebih dahulu sebelum diperbaiki kembali.

Leave a Reply