Jambret Kalung Nyaris Dibakar Massa Diselamatkan Sembiring

0
283
imanuel 130
Bripka Armada Sembiring saat menggiring tersangka ke Mapolsek Delitua (Foto: Imanuel Sitepu).

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Edi Sinambela (34), warga Jl. Riau (Medan Timur), seorang pelaku jambret, nyaris tewas dibakar massa. Dia tertangkap tangan melakukan jambret kalung emas di Jl. Satria (Kecamatan Delitua) [Senin 5/8: sekira 10 WIB]. Untung saja, petugas kepolisian yang cepat menerima informasi, segera mengamankan Edi sehingga nyawanya tidak sampai melayang. Namun, karena telah tersulut emosi, seorang anggota tugas luar Polsek Delitua Bripka Armada Sembiring sempat dipukul warga saat melakukan pengamanan. Untung saja ada warga yang mengenal sosok polisi yang baik ini sehingga warga yang memukul tadi akhirnya minta maaf.


Sebagian warga lainnya yang telah emosi mengarak sepeda motor tersangka jenis Supra x 125 BK 2249 OF dan kemudian membakarnya hingga tinggal rangka saja yang dibawa ke Polsek Delitua.

Informasi diperoleh Sora Sirulo, kejadian tersebut bermula ketika korban Fani (18) warga Gg. Satria Jl. Besar Delitua bersama kakaknya Suci (29) berboncengan hendak pulang ke kediamannya setelah berbelanja di Pajak Delitua. Tersangka Edi Sinambela ternyata telah mengikuti korban sejak dari Pajak Delitua. Bahkan, menurut keterangan korban, di tengah jalan, tersangka sempat berkali-kali menggoda korban dan kakaknya namun tidak dihiraukan Fani.

Saat berada di persimpangan antara Jl. Delitua dengan Gg. Satria, Edi Sinambela langsung menyalip kenderaan korban dan selanjutnya menarik kalung emas seberat 3 gr yang dikenakannya di lehernya. Setelah berhasil menguasai, tersangka secepatnya memacu sepeda motornya. Apes dialami maling satu ini. Diduga karena terlalu cepat memacu sepeda motornya, sekira 50 meter tjauhnya dia meninggalkan korban, dia keburu terjatuh di tengah jalan.

Melihat itu, kedua korban yang sempat gugup akhirnya berteriak histeris minta tolong sehingga mengundang perhatian warga sekitar. Seketika puluhan warga yang melintas dan warga setempat lainnya segera ke lokasi kejadian dan mengejar tersangka yang akhirnya tertangkap.

Warga yang emosi akhirnya menghakimi tersangka secara membabibuta hingga mengalami kritis di tempat kejadian. Tak puas dengan itu, warga yang masih emosi lalu mengarak tersangka dan sepeda motornya ke tempat yang lebih lapang.

Petugas Polsek Delitua Bripka Armada Sembiring yang menerima informasi turun ke lapangan dan berusaha mengamankan tersangka yang hendak dibakar warga dengan minyak bensin. Setelah berhasil menarik tersangka dibantu sebagian warga lainnya sejumlah warga yang masih emosi berusaha kembali menarik tersangka namun tidak berhasil.

Akibatnya, Bripka Armada sempat mendapat beberapa pukulan dari arah belakang namun secepatnya diantisipasi oleh sebagian warga. Sehingga tersangka berhasil diamankan ke atas becak bermotor untuk diboyong ke Polsek Delitua.

Kapolsek Delitua AKP Wahyudi SIk yang turun ke TKP saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu.

“Tersangka telah diamankan berikut barang bukti satu unit sepeda motor milik tersangka yang dibakar serta satu buah kalung emas milik korban,” katanya.

Kanit Reskrim Iptu Martualesi Sitepu ketika dikonfirmasi mengatakan tersangka yang mengalami kritis dirawat ke RS Bhayangkara Poldasu.

Leave a Reply