Bisa Menyembuhkan Penyakit, Kolam 10 Putri Ramai Dikunjungi

0
151
imanuel 131
Salah satu diantara Kolam 10 Putri di STM Hulu

IMANUEL SITEPU. STM HULU, Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, Kolam 10 Putri yang mengandung air panas berbau belerang di Desa Durin Siempat Mbelang (Kecamatan Senembah Tanjung Muda Hulu) mulai dilirik wisatawan. Selain mampu meyembuhkan berbagai penyakit, kolam ini  bersebelahan dengan 2 mulut guha dan  pemandian air panas yang cukup luas. Adapun Kolam 10 Putri berada di areal perladangan warga setempat bernama Togoh Tarigan.

Menurut warga setempat Antonius Sembiring Kembaren kepada Sora Sirulo [Selasa 13/8: 11.00 Wib], 10 buah kolam yang berada di sekitar guha sudah lama dipercayai warga setempat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam urat, reumatik, tulang keropos, kutu air, jerawat,dan lain-lainnya.

“Karena itu, banyak dari luar daerah yang memiliki penyakit datang kemari. Yang sudah datang beberapa kali, mengaku penyakitnya sudah sembuh,” katanya.

Antonius juga menjelaskan, ke 10 kolam tersebut kini sudah diberi  nama sesuai petunjuk penghuni guha.

“Nama ke 10 kolam itu sudah dibuat sesuai pesan yang datangnya dari mimpi saya,” kata Antonius yang juga juru kunci guha tersebut.

Adapun ke 10 nama kolam itu adalah: 1. Putri Laut, 2. Putri Kasih, 3. Putri Hijau, 4. Beru Karo, 5. Beru Tarigan, 6. Beru Perangin-angin, 7. Beru Ginting, 8. Beru Sembiring, 9. Pengobatan Anak-anak, 10. Pengobatan Dewasa.

“Untuk masuk ke dalam kolam, harus disesuaikan dengan keriteria usia, umur dan permintaan pengunjung. Airnya juga ada 7 warna yang tidak bisa menyatu di setiap saat. Begitu berubah airnya, tandanya penyakit telah sembuh. Perlu diketahui, kesepuluh kolam tidak memiliki saluran pembuangan dari sudut manapun. Airtinya, air panas yang terkandung di dalamnya tidak pernah kering,” bebernya.

Namun, sambungnya, bila air kolam keruh, itu menandakan penyakit sudah menumpuk. Tetapi, dengan sendirinya, air kolam akan berganti warna di malam hari.

“Kejadian itu biasanya berubah pada malam Bulan Purnama,” ujarnya.

Bagi pengunjung yang telah selesai berendam di Kolam 10 Putri, bisa juga menikmati keindahan Guha  Emas dan Guha Perak, tapi harus dibimbing oleh pemandu bernama Pak Sopian. Dia dikenal di sini juga sebagai pawang ular. Bila tidak dipandu, dikhawatirkan bisa kesasar di dalam guha.

“Apalagi jika orang yang masuk tidak berniat baik,” tuturnya mengakhiri.

Leave a Reply