Pasca Kerusuhan LP Kelas IIA Labuhan Ruku Batubara, 15 Tahanan Dipindah ke Rutan Kabanjahe

1
148

Ngguntur Purbangguntur purba 41NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Saat ini [Rabu 21/8], Rutan Kabanjahe sudah over kapasitas, dihuni oleh 319 narapidana dengan standar daya tampung 193 narapidana. Hal ini akibat pemindahan 15 tahanan  yang dievakuasi dari Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku ke Rutan Kabanjahe Karo terkait kerusuhan serta pembakaran Lapas Labuhan Ruku, Batubara.

Kelimabelas tahanan  ditampung sementara di Rutan Kabanjahe. Ada kemungkinan, mereka seterusnya tetap  akan  dibina di Rutan Kabanjahe karena 17 Agustus kemarin Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi bebas kepada 6 orang tahanan Rutan Kabanjahe. Pihak Rutan berharap agar 15 tahanan dari LP Labuhan Ruku bersikap kooperatif dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Untuk mengantipasi pengamanan, Rutan Kabanjahe menambah personel 2 aparat TNI dari Kodim 02/05 Tanah Karo dan 2 kepolisian Resor Tanah Karo. Selain itu, untuk mengantipasi tidak terjadi kerusuhan seperti di LP Labuhan Ruku Batubara, petugas Rutan Kabanjahe lebih intensif melakukan pendekatan kepada warga binaan. Tidak lagi seperti tahanan dalam penjara melainkan dibina di lembaga dengan persuasif dan manusiawi.

1 COMMENT

  1. banyak x lah gaya kau KPR babi,,,sok2’an x kau patat q
    sen ndai nge atem babi,,,,tolong di perhatikan sodara2…kalau di rutan kabanjahe masih besar PUNGLI/NARKOBA…
    apa mungkin barang terlarang itu bisa masuk kalau tidak melalui PEGAWAI/STAF….sekian dan trima kasih….

Leave a Reply