Polisi Gadungan Gagal Curi Kereta

0
126

imanuel 168IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Sikap antisipasi dari Akor Set Sembiring (69)  menyelamatkan kereta kesayangannya dari pelaku pencurian sangat ampuh. Warga Dusun Ujung Meriah Desa Periaria (Kecamatan Biru-biru) yang bekerja sebagai petani penderes karet ini hampir saja menjadi korban perampokan setelah diborgol dua pelaku yang mengaku polisi. Namun, aksi kedua perampok itu gagal karena saat diparkir di pinggir jalan, Set Sembiring selalu melepas CDI keretanya Revo BK 6263 CP itu.

Informasi diperoleh di Polsek Biru-biru, saat kejadian, Set sedang berada di ladangnya. Sebelum bekerja, seperti biasanya, dia selalu mencabut CDI keretanya yang terparkir di pinggir jalan. Tak lama berselang, ketika Set sedang berada di gubuknya beristirahat, tiba-tiba datang 2 orang tak dikenal (OTK) memakai jaket hitam dan sarung tangan hitam dengan menggunakan kereta Revo warna hitam. Mereka menghampirinya di dalam gubuk dengan mengaku sebagai polisi.

“Lalu, mereka menodongkan pistol yang kayaknya pistol mainan, seraya berkata: ‘Angkat tangan! Saya Polisi!’ Kemudian keduanya mengambil 2 borgol dari pinggang dan memborgol tanganku,” kata Sembiring.

Lanjut dikatakannya, setelah tangannya diborgol, satu borgol lainnya dikaitkan ke tiang gubuk.

imanuel 169
Set Sembiring saat diperiksa di Polsekta Biru-biru.

“Begitu aku gak bisa lagi bergerak, mereka menggeledah kantongku. Kunci sepeda motor saya di kantong celanaku diambil dan mereka menuju keretaku. Tetapi, keretaku itu tidak bisa dibawanya. CDInya masih di kantong celanaku. Saat mereka mengotak-atik keretaku, aku melepaskan borgol yang dikaitkan ke tiang gubuk dan berlari ke rumah dan memberitahukannya kepada warga,” tutur Set.

Warga langsung melakukan pengejaran. Bahkan, peristiwa pencurian itu sempat menghebohkan beberapa desa di sekitar tempat tinggal korban. Selanjutnya, ratusan warga langsung melakukan pengejaran.

Tak lama berselang, di Dusun Tembengen Desa Periaria, warga melihat seorang OTK sedang melintas sesuai dengan informasi Set Sembiring. Pengendara sepeda motor Jenis Revo warna Hitam BK 3204 MAD dengan mengenakan jeket hitam dan sarung tangan warna hitam itu langsung dihadang. Detik berikutnya, pria asing itu diserahkan ke Polsek Biru-biru.

Saat diinterogasi di Polsek Biru-biru, pria yang dicurigai warga itu bernama Yosua Siregar, warga Telaga Sari (Tanjungmerawa). Pria yang mengaku karyawan Koperasi Serba Usaha (KSU) Sinur Lobak Jaya tidak mengakui dirinya pelaku perampokan itu.

“Saya bukan pelakunya, pak. Saya tadi dari Desa Periaria mengutip tagihan nasabah saya,” kata pria pemakai jaket hitam ini.

Pantauan Sora Sirulo, hingga berita ini diturunkan ratusan warga masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Sementara, Yosua masih diamanakn dan  diperiksa di Polsek Biru-biru.

Kapolsek Biru-biru AKP Mulyadi melalui Kanit Reskrimnya Aiptu Albert Ville ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian.

“Memang  ada seorang pria kita amankan yang diduga mirip pelaku berdasarkan keterangan masyarakat dan korban. Namun, kita belum bisa memastikan dia adalah pelaku. Sampai saat ini, kita masih tetap melakukan penyelidikan,” katanya.

Leave a Reply