Benarkah Nama Jalan Ngumban Surbakti Telah Diganti?

0
246

Oleh: Brandy Karo Sekali (Medan)

Pemberitaan Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) dengan judul “INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa) Kota Medan, Apresiasi Walikota Medan Sahkan Jalan DR. GM. Panggabean, Tjong Yong Hian dan Ir. Sukarno-Hatta” pada edisi Selasa (8/10/2013) di halaman depan telah menggagetkan banyak warga Karo. Pasalnya, di berita tersebut disebutkan, berdasarkan SK Walikota Medan Nomor: 620/1580.K/X/2013 Tentang Perubahan dan Penabalan Nama-nama Jalan di Kota Medan, salah satu nama jalan yang berubah tersebut adalah Jalan Ngumban Surbakti.

Berita tersebut kini telah menjadi diskusi alot antar internal Karo di salah satu media sosial Facebook. Sebagai inti dari diskusi Karo di situs jejaring sosial tersebut adalah sangat menyayangkan pergantian Jalan Ngumban Surbakti. Sebagaimana diketahui, Ngumban Surbakti adalah seorang putra daerah yang dulunya sangat berjasa dalam merebut Kemerdekaan RI, khususnya di daerah Sumatera Utara.

Selain itu, melalui diskusi tersebut juga telah direcanakan membuat sebuah wadah resmi gerakan masyarakat Karo dalam waktu dekat yang dimaksudkan untuk mempertanyakan kebenaran pemberitaan Harian SIB mengenai perubahan nama Jalan Ngumban Surbakti.

Dalam pemberitaan Harian SIB itu disebutkan juga bahwa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Kota Medan meyampaikan apresiasi kepada Wali Kota dan DPRD Medan terkait pengesahan nama Jalan DR. GM Panggabean di Jalan Stadion Teladan, pengembalian nama Jalan Tjong Yong Hian di Jalan Bogor, dan Jalan Ir. Sukarno-Hatta di Jalan Ngumban Surbakti sampai Jalan Gagak Hitam Ring Road.

Adapun isi dari pemberitaan tersebut masih perlu dipertanyakan, khususnya apakah memang benar Jalan Ngumban Surbakti hingga Jalan Gagak Hitam Ring Road telah diganti menjadi Jalan Sukarno-Hatta dan apakah hanya Jalan Gagak Hitam Ring Road yang telah diganti tanpa mengikutsertakan Jalan Ngumban Surbakti. Demikian kira-kira hasil percakapan di situs jejaring social yang beranggotakan lebih 8.000 orang Karo dari seluruh dunia.

Leave a Reply