Kembalikan Jalan Ngumban Surbakti

1
148

Oleh: Satria Ginting Suka (Medan)

Kembalikan Jalan Ngumban Surbakti! Kiranya kalimat ini merupakan yang paling tepat sebagai tanggapan atas pemberitaan Harian SIB yang bertanggal 8 Otober 2013 dan Harian Pos Metro yang bertanggal 24 Oktober 2013. Berita kedua harian ini berisi tentang penggantian nama Jl. Ngumban Surbakti menjadi Jl. Soekarno—Hatta.

Keputusan Pemko Medan yang beralaskan SK Walikota Medan dengan nomor: SK 620/1580.K/X/2013 jelas akan mendapatkan kecaman dari warga Karo. Belum lagi perubahan nama jalan ini seakan ditutup-tutupi tanpa mengadakan diskusi terlebih dahulu dengan masyarakat Karo (tokoh adat, ahli waris dan sejarawan).

satria ginzu 5Keputusan ini merupakan keputusan sepihak dari Pemko Medan. Karena itu masyarakat Karo sangat tidak setuju dan keberatan atas keputusan itu.

Di satu sisi, dapat dikatakan, Pemko Medan sama sekali tak menghargai perjuangan Ngumban Surbakti sebagai Pahlawan Lokal dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Kembalikan Jalan Ngumban Surbakti! Inilah teriakan dan permintaan masyarakat Karo saat ini. Jika permintaan ini tidak digubris (SK tidak direvisi), kemungkinan besar masyarakat Karo akan berunjuk rasa dan berorasi secara besar-besaran.

1 COMMENT

  1. Menjelang Pemilu 2014 segala macam trick dan isu diexpose oleh pihak pihak tertentu mentuk menangguk di air keruh. Masarakat Karo yang umumnya pendukung ajaran Pemimpin Besar Revulusi (PBR) Bung Karno, sengaja dibenturkan, dengan menabalkan nama SOEKARNO-HATTA pada ruas jalan yang selama ini kita kenal dengan Jalan Ngumban Surbakti. Ini politik devide et impera, untuk memecah belah masarakat Karo antara yang pro Ngumban Surbakti dan yang pro Soekarno. Ini secara tidak langsung ingin memecah pendukung partai ajaran Bung Karno. Emaka ola kita rubat kena siding pinangko.

Leave a Reply