Jalan Biru-biru–Bandarbaru Rawan Longsor

0
201

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Akses  jalan yang menghubungkan Kecamatan Biru-biru menuju Desa Bandarbaru (Kecamatan Sibolangit) rawan terjadi longsor. Pantauan wartawan Sora Sirulo [Rabu 23/10: sekira 11.00 Wib] di lokasi, tepatnya di Desa Mardingding Julu (Kecamatan Biru-biru) hingga Desa Sukamaju (Kecamatan Sibolangit) terdapat beberapa titik longsor di sepanjang jalan. Bahkan, salah satu titik longsor cukup besar, sehingga badan jalan terlihat telah menutupi tanah dan pepohonan.

imanuel 139
Salah satu badan Jalan di Desa Mardingding Julu (Kecamatan Biru-biru) tertimbun longsor (Foto: Imanuel Sitepu)


Jasmani Barus (34), warga sekitar, kepada wartawan di lokasi mengatakan, pemicu tanah longsor adalah hujan lebat yang mengguyur daerah itu dalam seminggu terakhir.

“Di sini, hampir setiap hari hujan sepekan ini sehingga tanah dan kayu dari tebing menimpa badan jalan,” kata Barus.

Dia juga mengatakan, saat terjadinya longsor, sempat membuat jalan dari Kecamatan Biru-biru menuju Kecamatan Sibolangit menjadi lumpuh.

“Untung saja sebagian warga yang merasa prihatin melihat kondisi jalan mengambil inisiatif membersihkan tumpukan tanah dan pepohonan sehingga jalan ini bisa dilalui kenderaan walau ekstra hati-hati,” katanya.

Barus menyesalkan mengapa sampai saat ini Dinas PU Deliserdang belum mensterilkan seluruh badan jalan yang telah tertimbun longsor. Padahal, katanya, kejadian itu sudah berlangsung 2 hari lalu.

Leave a Reply