Diduga Ada Kecurangan Pilkada, Sejumlah Massa Serbu Kantor Camat

0
180

Imanuel SitepuIMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Pilkada Deliserdang telah usai, namun warga menuding banyak kejanggalan.  Seperti yang terjadi di Kecamatan Pancurbatu,.Sejumlah Ormas, OKP dan berbagai elemen masyarakat menuding Pemilihan Bupati kali ini dilakukan dengan banyak kecurangan. Mereka mendatangi Kantor Camat Pancurbatu [Sabtu 26/10: sekira 01.00 wib dini hari]. Mereka sempat melihat Ketua PPK Kecamatan Pancurbatu beserta sejumlah orang berada di ruangan yang di dalamnya terdapat kotak suara yang masih berisi surat suara.


Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, dinihari itu, sejumlah Ormas, OKP dan berbagai elemen maasyarakat melakukan pemantauan terhadap pemilihan Bupati Deliserdang di Kecamatan Pancurbatu. Selanjutnya mereka pun melihat ketua PPK Karta Uli Kaban beserta anggotanya berada di dalam ruangan yang berisi kotak suara.

Mereka pun mempertanyakan tujuan Petugas Pemungutan Suara (PPS) itu berada di dalam ruangan berisi kotak suara. Sealiknya PPS berdalih hendak merapikan kotak suara yang tersimpan di dalam karena Aula Kecamatan Pancurbatu tersebut akan digunakan untuk rapat Pleno yang dilaksanakan hari ini.

Mendengar alasan tersebut, Ormas dan OKP ini langsung memeriksa kotak suara. Mereka mendapati 3 segel kotak mengalami kerusakan, bahkan segel lobang gembok tempat kunci juga robek. Diduga anak kunci gembok telah dimasukan. Melihat itu, massa yang berjumlah ratusan orang langsung mengusir para petugas PPK. Saat itu, petugas yang melakukan penjagaan dengan pihak Ormas dan OKP yang menggeruduk Kantor Camat sempat bersitegang.

Melihat kegaduhan, petugas kepolisian yang melakukan pengawalan terhadap tempat penyimpanan kotak suara lansung melerai dan berusaha menenangkan mereka. Usai mendengarkan penjelaskan petugas mereka pun membubarkan diri. Pagi harinya Ormas dan OKP ini kembali datang ke Kantor Camat agar membatalkan Rapat Pleno, sebab menurut mereka, banyak kecurangan yang telah ditemukan.

Ketua PPK Kecamatan Pancurbatu, Karta Uli Kaban, saat dikonfirmasi mengatakan:

“Kita di sana melakukan pembersihan ruangan Aula Kantor Camat untuk persiapan Rapat Pleno pagi tadi. Namun, malam tadi, saat pembersihan itu, tiba-tiba mereka datang dan memprotes keberadaan kita di dalam ruangan. Padahal, kita hanya membersihkan saja,” ujar Karta.

Saat ditanya terkait kerusakan kotak suara yang ditemukan Ormas dan OKP, Karta mengaku tak tahu pasti penyebabnya.

“Kalau soal kerusakan segel gembok kotak suara itu kita tak tau pasti penyebabnya. Mungkin karena digeser ke sana ke mari, jadi rusaklah segel itu. Setau kita, ruangan itu selalu dijaga selama 24 jam,” ujar Karta Uli mengakhiri.

Saat temuan ini hendak dikonfirmasi kepada Ketua Panwaslu Kecamatan Pancurbatu ke kantornya di Desa Hulu, dia tak berada di sana. Menurut salah seorang stafnya, dia lagi berada di Lubuk Pakam.

“Bapak itu di Pakam karena dipanggil ke sana untuk membicarakan masalah ini,” ujar wanita ini dengan nada tinggi.

Leave a Reply