Harga Cabai Merah Melambung Terus

0
175

elisabeth barus 6

ELISABETH BARUS. MEDAN. Harga cabai merah melambung tinggi akhir-akhir ini.  Sejak 2 minggu terakhir, harga cabai merah selalu di atas Rp. 40.000 per kilogram. Cuaca yang buruk di banyak tempat penghasil cabai merah, khususnya Jawa Timur dan Taneh Karo Gugung adalah penyebab utama melambungnya harga cabai merah.

Surabaya yang selama ini tidak pernah ada hentinya memasok cabai merah ke Kepulauan Riau ternyata kali ini kewalahan karena tidak ada stok barang untuk dikirim ke sana. Sebagaimana disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Sora Sirulo Ita Apulina Silangit dari Surabaya, penyebab kekosongan cabai merah dari Surabaya adalah gagal panen karena sejak 3 bulan belakangan ini wilayah Jawa Timur dilanda kekeringan.

“Suhu udara rata-rata sekarang di Surabaya sekitar 37 derajat Celcius dan tak pernah turun hujan,” kata Bu Ita lewat telepon ke dapur redaksi.

Demikian juga halnya dengan Taneh Karo Gugung yang merupakan produsen cabai merah terbesar di Sumatera Utara. Banyak terjadi gagal panen di daerah ini akibat ledakan-ledakan Gunung Sinabung akhir-akhir ini. Cabai merah dari Karo Gugung kosong sama sekali di Medan.

Keadaan ini diramalkan akan terus berlangsung hingga Tahun Baru 2014.

Adapun harga cabai-cabai jenis lainnya di Medan adalah, sebagai berikut: Cabe ijo Rp. 16.000/ Kg, cabe rawit Rp. 12.000/ Kg, caplak atau orang Medan sebut cabe bencong Rp. 8000/ Kg.

Leave a Reply