P2MKP Sini Suka Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Mas

0
181

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan (P2MKP) Sini Suka (Kecamatan Biru-biru) gelar pelatihan budidaya Ikan mas kepada masyarakat (6 hingga 9 November 2013). Menurut ketua P2MKP kecamatan Biru-biru Josep Ginting, kegiatan pelatihan yang diselenggarakan, mengambil materi tentang budidaya ikan serta pencegahan hama dan penyakit pada ikan mas.

imanuel 209
Foto: Imanuel Sitepu (click foto untuk ukuran besar)

“Pelatihan dimaksud juga bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Medan,” kelas Josep.

Lebih lanjut Josep memaparkan, potensi sumberdaya budi daya perikanan di Kecamatan Biru-biru sangat tinggi prospeknya. Namun selama ini pengelolaannya belum optimal.

“Padahal, bila dikelola dengan baik, dapat menjadi salah satu sentra produksi baru perkonomian masyarakat untuk  menambah PAD,” sambung Josep.

Lanjut dikatakanya, Kecamatan Biru-biru cukup mendukung dalam pengembangan ikan air tawar menjadi minapolitan perikanan.

“Dengan adanya pelatihan, masyarakat diharapkan mampu menanggulangi rendahnya pendapatan dan produktifitas usaha perikanan rakya, karena selama ini masih rendah kwalitas sumber daya manusia,” jelasnya.

Melalui pelatihan ini, sambungnya,  masyarakat selaku pelaku utama diharapkan maju di bidang kelautan dan perikanan baik secara perorangan dan kelompok, seperti cara pembudidaya ikan, keterampilan berbudidaya, cara pembenihan ikan ramah lingkungan, pengelolahan hasil perikanan, dan cara pencegahan hama.

“Hal tersebut juga telah ditetapkan dalam peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No Per.01/Men/2011 tentang Pembentukan dan Pengembangan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan,” beber Josep.

Pantauan Sora Sirulo di lokasi, selain menghadirkan nara sumber Josep Ginting selaku P2MKP Sini Suka, turut hadir Supervisi BPPP Medan Bambang Priyatno SST Ti, Julkifli selaku Diskanla Deliserdang, dan Camat Biru-biru drs. Khairul Azman Harahap.

Adi Sitepu salah satu peserta pelatihan mewakili masyarakat Kecamatan Biru-biru sangat berterimakasih kepada BPPP Medan yang telah meyempatkan memberi pelatihan kepada masyarakat Kecamatan Biru-biru. Ia juga meminta agar kegiatan pelatihan kepada masyarakat, hendaknya tetap berlangsung secara berkesinambungan.

“Kecamatan Biru-biru merupakan salah satu lumbung ikan mas di Sumatera Utara,” kata Adi Sitepu.

Leave a Reply