Depresi Membuat Kita Tidak Produktif

1
140

Lahargo 4.Oleh:  Dr.Lahargo Kembaren SpKJ (Psikiater RS Jiwa Dr.H. Marzoeki Mahdi, Bogor)

Seorang mahasiswa pendidikan dokter berkonsultasi karena mengalami penurunan semangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya dan meyebabkan waktu pendidikannya menjadi semakin panjang. Seorang manager sebuah perusahaan harus mengalami pil pahit dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja karena sudah beberapa minggu tidak masuk kerja akibat tidak bisa fokus dan konsentrasi pada pekerjaan. Seorang ibu rumah tangga harus dirawat di sebuah rumah sakit karena tidak selera makan selama beberapa hari sehingga mengalami kekekurangan gizi. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur selama beberapa hari sehingga produktivitasnya terganggu.

Gejala gejala psikologis yang dialami oleh beberapa orang di atas adalah termasuk suatu gangguan yang disebut sebagai depresi. Depresi adalah suatu gangguan mood/perasaan yang sering sekali membuat seseorang tidak produktif dalam kehidupannya sehari-hari. Depresi bisa terjadi pada siapa saja dengan berbagai latar belakang kehidupan.

Mari kita sama-sama mengenal apa saja gejala-gejala dari depresi :

  • Menurunnya mood, menjadi sedih
  • Berkurangnya minat terhadap hal yang sebelumnya disukai atau hobi, tidak semangat
  • Berkurangnya energi, menjadi mudah lelah dan tidak bertenaga
  • Perubahan pada pola makan, menjadi banyak makan atau kurang makan
  • Perubahan pada pola tidur, menjadi lebih banyak tidur atau sulit tidur
  • Masa depan terasa suram (madesu)
  • Sulit berkonsentrasi atau tidak fokus terhadap suatu hal
  • Sulit memutuskan sesuatu dalam kehidupan
  • Adanya pikiran atau tindakan ingin mengakhiri hidup / bunuh diri (suicide)

Apabila muncul gejala-gejala di atas maka bisa dipastikan yang bersangkutan mengalami depresi, segeralah berkonsultasi pada psikiater/psikolog/perawat jiwa untuk segera mendapatkan bantuan. Pada depresi yang ringan, konseling dan psikoterapi dapat memulihkan kondisi depresi. Pada depresi yang sedang – berat diperlukan obat untuk memulihkan kondisi depresi yang dialami.

 Berikut ini saya sampaikan beberapa tips untuk mencegah dan melawan depresi :

  1. Tidur yang cukup.  Orang dengan tipe kepribadian yang aktif dan bersemangat seringkali melupakan bahwa tidur adalah suatu keharusan agar tubuh dapat beristirahat dengan tenang. Kurang tidur secara terus menerus dapat memicu munculnya depresi.
  2. Kurangi stres. Stresor yang ada di sekeliling kita bisa dengan mudah dikenali tetapi juga sering sekali tidak terlihat dan tidak disadari. Kenali sumber stresor kita dan coba untuk mengurangi atau memanage nya dengan baik. Ketika keadaan tidak sesuai dengan yang diharapkan, coba untuk melihat adakah stresor yang bisa dimodifikasi. Stresor yang terus menerus jga dapat memicu depresi.
  3.  Jangan lupa berolahraga yang cukup. Olahraga membuat aliran darah lancar dan endorfin yang merupakan hormon yang menyenangkan bisa meningkat dan ini sangat baik untuk mencegah depresi.
  4. Meditasi.  Ambil waktu diam dan tenang sejenak, melepaskan diri dari ikatan-ikatan rutinitas sehari-hari akan membantu kita berpikir dan kembali fokus pada apa yang terpenting dalam hidup ini.
  5.  Tambahi warna. Mereka yang depresi sangat identik dengan warna-warna yang gelap. Coba untuk memberikan warna dalam keseharian kita seperti dengan mengenakan pakaian dengan warna-warna yang cerah.
  6. Makan dengan seimbang. Sebisa mungkin hindari makanan ‘fast food’ dan ‘soft drink’ dan mulai beralih dengan menyantap makanan yang sehat seperti sayuran buah-buahan segar. Ini akan sangat membantu memulihkan kita dan depresi dan mencegahnya.
  7. Minum air yang cukup. Air adalah komposisi terbesar dari tubuh maka harus cukup terpenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari akan mencegah kita dari depresi.
  8. Berjemur di matahari pagi. Ini akan membuat kulit dan badan kita hangat dan bisa memunculkan semangat untuk menjalani hari.
  9. Senyum.  Membaca, menonton atau mendengar cerita lucu akan membuat kita tersenyum dan itu sangat baik bagi jiwa kita. Cobalah untuk tersenyum dalam situasi paling sulit sekalipun, kita akan dapat melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.
  10. Beribadah. Tidak bisa dipungkiri bahwa dekat dengan Sang Pencipta akan membuat hidup kita lebih tenang dan damai.

Mari kenali gejala depresi yang kita dan orang-orang yang kita kasihi alami dan lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa! Sudahkah sehat jiwa Anda hari ini? Salam sehat jiwa.

1 COMMENT

  1. Bagus dan praktis sekali nasihat/anjuranya Pak Lahargo Kembaren. Semua bisa mengerti dan bisa melaksanakan langsung. Dan pasti langsung juga bisa menikmati manfaatnya.
    Bujur
    MUG

Leave a Reply