Unjukrasa Pelengseran Bupati Karo Hari ke Dua

0
161

Ngguntur Purbangguntur purba 49NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aksi ribuan warga Kabupaten Karo yang mendesak bupati Kena Ukur Karo Jambi Surbakti untuk lengser dari jabatannya kembali berlanjut [Selasa 3/12 siang]. Para penghunjukrasa mengetengahkan berbagai data seperti dugaan perbuatan amoral dan sikap bupati yang menelantarkan ribuan pengungsi bencana Sinabung. Wakil rakyat yang menerima aksi akhirnya menyetujui Hak Interpelasi dan segera menggelar Paripurna untuk menghargai tuntutan rakyat.

Setelah kemarin beraksi di kantor bupati, kali ini ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Cinta Taneh Karo Simalem ini kembali melanjutkan aksinya di depan Gedung DPRD Kabupaten Karo di Jl. Veteran, Kabanjahe.

Di hadapan para wakil rakyat, para pengunjukrasa  mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap pemimpin mereka khususnya dugaan tindakan amoral terkait dugaan perselingkuhan dan jual beli jabatan di pemerintahan serta sikap bupati Kena Ukur Surbakti yang menelantarkan ribuan pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabun.

Akibatnya, kata para pengunjukrasa, hingga saat ini Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Karo tidak terbentuk.

Massa menuntut bantuan untuk bencana erupsi Gunung Sinabung agar diaudit. Mereka meminta agar segera digelar Rapat Paripurna untuk melengserkan Kena Ukur Surbakti.

Atas dasar itulah, pimpinan dewan Effendi Sinukaban menyatakan segera menggelar Bamus dan Paripurna untuk membahas aspirasi masyarakat yang mendesak agar bupati segera lengser. Selain itu, Effendi juga mengungkapkan adanya ajuan hak interpelasi sejumlah anggota dewan terkait permasalahan ini.

Kabar inipun disambut antusiasi oleh ribuan pengunjukrasa yang terus bertahan di luar Gedung DPRD. Hingga jauh malam, massa terus bertahan menunggu hasil Rapat Paripurna yang terus berlangsung di dalam gedung.

Leave a Reply