Ketua DPRD Karo Efendy Sinukaban: Pelengseran Bupati Harus Melalui Tahapan (Sekarang Tahap Awal)

0
162

SATRIA GINTING. KABANJAHE. Demonstrasi menuntut pemakzulan Bupati Karo Kena Ukur Surbakti terus berlanjut ke sore hari karena merasa perjuangan mereka belum berakhir [Jumat 6/12]. Lelah, hujan dan terik matahari tak dapat membendung semangat para pengunjuk rasa dalam mengungkapkan aspirasinya. Sempat tersiar pula kabar bahwa Kena Ukur Surbakti bukan lagi Bupati Karo berdasarkan surat yang ditandatangani oleh 28 anggota DPRD Kabupaten Karo. Setelah mengumumkan kabar tersebut, surat yang ditandatangani oleh 28 anggota DPRD Karo pun dibagikan kepada para pengunjuk rasa. Kabar ini merupakan kabar bahagia bagi para pengunjukrasa yang mengingingkan lengsernya Bupati Karo Kena Ukur Surbakti. Nyatanya, Ketua DPRD Karo Efendy Sinukaban SE menyatakan bahwa surat tersebut sama sekali tak memiliki kekuatan dan cacat hukum.

Sore hari sekitar Pukul 06.00 WIB, beberapa pengunjukrasa dari kalangan mahasiswa diutus untuk masuk ke dalam gedung DPRD dan menemui anggota dewan yang sedang melaksanakan Rapat Pimpinan.

Di dalam gedung berlangsung diskusi yang alot antara kedua belah pihak. Pihak mahasiswa menuntut agar pemakzulan Bupati Karo secepatnya dapat dilaksanakan atau minimal dinonaktifkan untuk sementara waktu dari jabatannya. Mendengar tuntutan tersebut, anggota DPRD yang berjumlah 7 orang (dalam Rapat Pimpinan) menyatakan bahwa, untuk saat ini, tuntutan massa tidak dapat dipenuhi. Kalaupun dipenuhi semua akan sia-sia karena cacat hukum dan dapat dengan mudah dimentahkan.

Menurut keterangan beberapa anggota Dewan, masih ada 4 tahapan lagi yang harus dilalui dalam proses pemakzulan Bupati Karo ini. Hari ini [Jumat 6/12], dalam Rapat Pimpinan tersebut, mereka membahas kasus Bupati Karo dan merumuskan/ mengaitkannya dengan UU No. 32 tahun 2004. Adapun isi dari UU No. 32 tahun 2004 ini adalah tentang Pemerintahan Daerah.

Anggota dewan juga mengingatkan, saat ini, mereka berada di pihak rakyat. Tapi, semua tahapan untuk memakzulkan Bupati Karo memang harus dipenuhi agar perjuangan Rakyat tak sia-sia. Saat ini, anggota dewan masih berada di dalam gedung dan bersiap untuk melaksanakan Rapat Banmus dan akan dilanjutkan ke Paripurna Interpelasi. Kemungkinan demonstrasi dan rapat dewan akan berlanjut ke hari Senin [9/12] karena tak mungkin dapat diselesaikan pada hari ini.

Leave a Reply