Pengunjukrasa Kawal Ketat Rapat Paripurna DPRD Karo Semalam

0
157
Foto: SATRIA GINTING

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aksi unjuk rasa Gerakan Penyelamat Karo berlanjut di depan Kantor DPRD Kabupaten Karo kemarin [Jumat 7-12]. Aksi mereka untuk mengawal Rapat Paripurna mengenai Hak Interpelasi  DPRD sempat ricuh karena salah satu perwakilan aksi tidak diperkenankan masuk oleh pihak kepolisian.

Aksi dilakukan oleh seribuan massa turun ke jalan di depan Kantor DPRD Karo ini guna mengawal Rapat Paripurna Hak Interpelasi anggota DPRD Karo untuk Nota Jawaban atau Penjelasan Bupati Karo terkait tuntutan pengunjuk rasa yang menuding bupati tidak peduli dengan masyarakat Karo dan pengungsi. Mereka juga menuding bupati tidak berpendidikan, a moral dan tidak taat hukum.

Rapat Hak Interpelasi diagendakan kemarin Pkl. 10.00 Wib pagi, namun hingga Pkl. 12.00 Rapat Paripurna Hak Interpelasi belum juga dilaksanankan. Perwakilan pengunjuk rasa menjemput para anggota DPRD Karo ke ruangannya meminta rapat segera dilaksanakan.

Rapat Paripurna Hak Interpelasi dijaga ketat oleh pihak kepolisian. Mereka memeriksa segala bawaan perwakilan pengunjuk rasa serta awak media.

Aksi unjukrasa memanas saat salah satu perwakilan pengunjuk rasa tidak diperkenankan masuk ke halaman Gedung DPRD Karo. Pelarangan ini memicu emosi para pengunjuk rasa. Terjadi aksi saling dorong para pengunjuk rasa dengan pihak kepolisian. Para pengunjuk rasa mencoba menembus barisan polisi yang membatasi ruang gerak pengunjuk rasa.

Seribuan massa masih terus berunjuk rasa agar Rapat Paripurna Hak Interpelasi anggota DPRD tidak mendapat intervensi dari pihak eksekutif Pemkab Karo. Massa yang berorasi menyatakan 2/3 anggota DPRD Karo telah menandatangani  persetujuan Pemakjulan Bupati Karo yang dituang pada Rapat Paripurna [Selasa 3/12] kemarin.

Para pengunjuk rasa berencana akan melegalisasi tanda tangan persetujuan anggota DPRD tersebut. Hingga larut malam kemarin [Jumat 6/12], Sidang Paripurna masih berlangsung dengan pengawalan ketat ratusan personiel Polres Karo serta satu SSK Pasukan Brimobdasu.

Liputan audio-visual dari berita ini dapat dilihat di Sirulo TV dengan mengklik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=bBAPm8KsBbc

Leave a Reply