Karo Jambi “Kena Ukur Surbakti”, antara Isu dan Fakta Ijazah

6
482

Oleh: Romerro Cello Ginting (Yogjakarta)

Melihat sebuah postingan di group JAMBURTA MERGA SILIMA oleh Nurdinhalid Pssi tentang surat keterangan pengganti ijazah Kena Ukur Surbakti (Bupati Karo), membuat saya merasa sangat tergelitik dan semakin penasaran dengan adanya postingan gambar tersebut. Rasa penasaran saya mengajak hasrat usil untuk mengamati lebih cermat tentang surat keterangan tersebut. Dari pengamatan saya, ternyata ada beberapa kejanggalan pada surat keterangan tersebut.

Walaupun tulisan di Surat Keterangan tidak begitu jelas, paling tidak dari angka tahun dan tanggal yang tertera bisa menunjukkan kejanggalan-kejanggalan yang saya temukan. Terlepas dari masalah Surat Keterangan tersebut dicopy dari aslinya atau tidak, tapi rasa penasaran saya sangat mendalam untuk mencermatinya.

romerro 1
Klik foto untuk ukuran besar

Berikut saya paparkan tentang tulisan pada gambar surat keterangan pengganti ijazah tersebut.

TENTANG SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH SD

Dikeluarkan oleh : SD Negri 040487 Tiganderket dengan No Surat : 422.1/292/SD/05. Ditandatangani oleh : kepala sekolah 040487 Teringet Aku Ginting

Di keluarkan Pada tanggal : 6 juni 2005

Isi surat :

Bahwa
Nama : KENA UKUR SURBAKTI  TTL : 17 NOP 1946 telah tamat SR 6 tahun di Tiga Nderket dan dinyatakan lulus pada tahun 1962 No Induk 301.

romerro 2
Klik foto untuk ukuran besar

TENTANG SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH SLTP

Dikeluarkan oleh : SLTP NEGRI 1 KABANJAHE dengan No Surat : 203/sltp.01/2003 ditandatangani oleh : Kepala SMP Negri 1 Kabanjahe. Dikeluarkan Pada : Desember 2003
Isi surat : Berdasarkan surat keterangan dari kepolisian (no surat kepolisian tidak jelas) tahun 2003 menerangkan bahwa

Nama : KENA UKUR SURBAKTI

TTL : Kutambaru 17 -11- 1946 telah kehilangan ijazah dengan nomor : – – – 346 tanggal 8 Juli 1965 yang telah mengikuti …. dari SLTP Negri 1 Kabanjahe.

TENTANG SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH SLTA

romerro 3
Klik foto untuk ukuran besar

Dikeluarkan oleh : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGRI 2 MEDAN dengan No Surat : 422/416/smk-2 /2010, ditandatangani oleh : Kepala Sekolah. Amiruddin SP. Di keluarkan/ ditetapkan Pada tanggal : Medan tanggal 07 Agustus 2010.

Isi surat: Yang bertandatangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negri -2 Medan ………… dengan sebenarnya bahwa Surat Keterangan no … … .. … tertanggal … …. …. Menerangkan bahwa

Nama : KENA UKUR SURBAKTI

Nomor Induk : 2043

Tempat/tgl. lahir : Kutambaru 17 Nopember 1946 …. Siswa STM Negri 1 Kp Baru Medan, Th Ajaran 1968.

Selanjutnya diterangkan bahwa Ybs telah menempuh ujian penghabisan STM yang diselenggarakan …. Tanggal 10 Oktober 1968 sd 13 Nopember 1968 Nomor Ujian 3942 dengan …. LULUS.

Jadi, bisa kita ringkas tentang riwayat pendidikan KENA UKUR SURBAKTI adalah sebagai berikut:

Lahir : 17 Nopember 1946

Lulus SR : tahun 1962

Lulus SLTP : tahun 1965

Masuk STM : Tahun Ajaran 1968

Lulus SLTA/STM : tahun 1968

Kemudian, mari kita lihat kejanggalan dari surat keterangan tersebut.

1, KENA UKUR SURBAKTI lahir pada tanggal 17 -11-1946 dan lulus SR 6 tahun pada tahun 1962. Berarti beliau lulus SR pada Usia 16 tahun. USIA REMAJA BARU TAMAT SR.
2. KENA UKUR SURBAKTI masuk STM 1 tahun Ajaran 1968 dan lulus SLTA/STM tahun 1968, HEBAT, BISA LULUS SLTA DALAM WAKTU 1 TAHUN.

3. KENA UKUR SURBAKTI adalah Siswa STM 1 dan Surat keterangan pengganti Ijazah di keluarkan oleh STM Negri 2 (apakah STM 1 Sudah Berubah nama menjadi SMKN2 Medan)
4. Surat Keterangan Pengganti Ijazah SD dikeluarkan pada tahun 2005

5. Surat Keterangan Pengganti Ijazah SLTP dikeluarkan pada tahun 2003

6.Surat Keterangan Pengganti Ijazah SLTA /STM dikeluarkan pada tahun 2010.
Itulah beberapa kejanggalan yang bisa kita lihat dari Surat Keterangan Pengganti Ijazah KENA UKUR SURBAKTI sehingga muncul pertanyaan di benak:

1. Sejak kapankah KENA UKUR SURBAKTI mengetahui IJAZAHnya Hilang?

2. Apakah ketika KENA UKUR SURBAKTI mengetahui IJAZAHnya hilang tidak langsung membuat laporan kehilangan dan mengurus Surat keterangan pengganti Ijazah dengan seksama?
3. Sebelum tahun 2010/ sebelum menjabat Bupati Karo. KENA UKUR SURBAKTI sudah pernah mencalonkan diri pada Periode PILKADA tahun 2005 dan pada saat itu KENA UKUR SURBAKTI berpasangan dengan Siti Aminah. Nah, bisa kita simpulkan lagi bahwa pada PILKADA KARO 2005, KENA UKUR SURBAKTI sama sekali tidak Memiliki Surat Keterangan Pengganti Ijazah SLTA.

Dalam kasus ini, kita anggaplah semua orang tidak tahu mengenai keaslian IJAZAH Karo Jambi, dan kita anggap juga bahwa TUHAN Pun tidak tahu tentang hal itu, tapi KENA UKUR SURBAKTI (KJ) pasti tahu tentang kebenarannya.

Mari kita renungkan bersama. Semoga bisa menjadi pelajaran. Bujur ras Mejuah-juah.

6 COMMENTS

  1. Terimakasih atas tulisan Anda dalam website ini.
    Saran saya, mohon untuk tidak memasukkan gambar yang tidak memberi dampak positif buat pembaca. Gambar orang merokok plus menggunakan piercing ditelinga bukanlah gambar yang tepat untuk bentuk tulisan seperti ini. Jadi mohon dipertimbangkan untuk tulisan-tulisan berikutnya.
    Terimakasih. Tuhan memberkati
    #PrayForSinabung

  2. jika memang fakta …dari tulisan diatas benar, tentu banyak orang yg terlibat didalamnya….., hanya mohon dengan sangat dan yg mengganggu…kok dalam tulisan ini ada manusia yg lg mengisap rokok….!!!!! he.yyyyyy !!!!!!

  3. MARILAH KITA SELALU BELAJAR DARI SEJARAH,AGAR KITA TERHINDAR DARI RASA CURIGA, KARO JAMBI SUDAH LOLOS DARI PEMERIKSAAN ADM DARI KPU 3 KALI SAMPAI DIA MENCABAT BUPATI, BERARTI INI SALAH SIAPA ???? MARIKITA SIKAPI DGN LAPANG DADA. MARI SAMA2 BERDOA SUPAYA GUNUNG SINABUNG KEMABALI NORMAL..

  4. Sangat disayangkan, kenapa pada saat mencalonkan DPR tahun 2004 dan Bupati tahun 2005 Karo Jambi dan Siti Aminah tidak diperiksa atau tidak kita jelaskan keabsahannya ? ke KPU ????? wah…. berarti kita juga ikut termasuk membiarkan ke Bodohan terjadi di bumi turan ini, udahlah saudaraku mari kita berdoa bersama-sama semoga beliu bertobat, dan marikita memohon kepada Tuhan agar di berikan kepada kita kedamaian dan Gunung Sinabung berhenti dari erupsinya, lihatlah teman-teman kita yang mengungsi mengharap….mengharap….mengharap supaya cepat PULANG KE RUMAHNYA …..

  5. wow…ternyata Bupati kita tamat sekolah SR pada umur 16 tahun, dan masuk STM cuma 1 tahun langsung tamat, kemungkinan memang pak Bupati golongan orang jenius

    • Selagi masih suara masyarakat bisa dibeli oleh orang yang mencalonkan BUPATI,GUBERNUR,PRESIDEN, maka kita tetap akan di bodohbodohi atau tidak bsa berbuat apapa.oleh karena itu marilah kita ambil hihmadnya, SEMOGA TUHAN SELALU MELINDUNGI KITA SEMUA…AMIN

Leave a Reply