Jerman Ikuti Belanda Tempatkan Perempuan Sebagai Menteri Pertahanan

0
247

LORETA KAROSEKALI. BERLIN. Kabinet Pemerintahan Jerman akhirnya terbentuk atas koalisi 3 partai; CDU, SPD, dan CSU. Kabinet baru ini merupakan percampuran wajah-wajah lama dan baru dengan Angela Merkel tetap menjadi Kanselir. Uniknya, kabinet Merkel kali ini menempatkan seorang perempuan pada posisi Menteri Pertahanan.

Penempatan Ursula von der Leyen di posisi Menteri Pertahanan sangat di luar dugaan. Soalnya, posisi Menteri Pertahanan adalah langganan klasik dari laki-laki. Bukan hanya di Jerman, di negara-negara Eropah lain posisi Menteri Pertahanan selalu diduduki oleh laki-laki.

File:Jeanine-hennis-plasschaert.jpg
Menteri Pertahanan Belanda: Jeanine Hennis Plasschaert

Belanda adalah negara Eropah yang pertamakalinya mendobrak tradisi ini. Dalam Kabinet Pemerintahan Belanda yang dimpimpin oleh Mark Rutte yang bekerja sejak 5 November 2012, seorang perempuan bernama Jeanine Hennis-Plasschaert menduduki posisi Menteri Pertahanan. Ini juga merupakan pertamakalinya pemerintahan Belanda menempatkan seorang perempuan pada posisi Menteri Pertahanan.

Nama lengkap Menteri Pertahanan Jerman yang baru adalah Ursula Gertrud von der Leyen. Dia lahir 8 Oktober 1958 Ixeles, Belgia. Data selengkapnya mengenai Ursula dapat dilihat di Wikipedia

Leave a Reply