KSAD Kunjungi Korban Sinabung

0
126

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. KABANJAHE. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Budiman, didampingi Pangdam I/BB Mayjen Istu Haris Subagyo, mengunjungi para pengungsi dampak erupsi Gunung Sinabun di Kabanjahe [Kamis 19/12 siang]. Dalam kunjungannya ini, Budiman memberikan bantuan senilai Rp 1,2 Miliar berupa beras, minyak goreng, mie instan, selimut, pakaian serta seragam dan peralatan sekolah.

Semuanya diberikan secara simbolis di dua lokasi di Kabanjahe.

Lokasi pengungsian pertama yang dikunjungi Budiman adalah Posko Utama Tanggap Darurat Dampak Erupsi Gunung Sinabung di halaman Kantor DPRD Kabupaten Karo. Bantuan diterima Bupati Karo, Kena Ukur Surbakti. Lokasi ke dua yang dikunjungi adalah Gereja Katolik Petrus dan Paulus, Jl. Irian Barat, Kabanjahe. Di sini, rombongan KSAD diterima oleh Pastor Moses Situmorang.

Dalam keterangannya, Budiman menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkannya kepada korban erupsi Sinabung merupakan hasil kerjasama antara TNI AD dengan Pusaka (Paguyuban Sekata untuk Kemanusiaan).

“Sumbangan ini kiranya dapat dimanfaatkan masyarakat hingga 3 minggu ke depan,” ujar Budiman kepada wartawan.

Budiman juga menyatakan, TNI AD selalu siap membantu masyarakat Karo dalam menangani dampak erupsi Sinabung, termasuk ketika akan terjadi letusan secara besar-besaran. Meski demikian, dia berharap agar bencana terburuk Sinabung tidak terjadi.

Jenderal berbintang empat ini menambahkan, sejauh ini, telah memerintahkan personel TNI AD untuk mengamankan rumah warga yang ada di radius 5 Km dari Gunung Sinabung. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi penjarahan sekaligus kondisi Gunung Sinabung.

Leave a Reply