Sinabung Kritis

0
177

Ngguntur Purbangguntur purba 51NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Saat ini, kondisi Gunung Sinabung (Karo Gugung) dalam fase kritis. Menurut data Badan Geologi [Jumat 20/12], kubah magma telah menggenang di puncak kawah. “Suatu saat, kubah magma ini dapat menyembur keluar,” terang petugas Badan Geologi PVMBG.

Secara umum, aktifitas Gunung Sinabung terus mengalami peningkatan. Kegempaan/ longsoran kerap terjadi hingga memasuki level tertinggi. Longsoran mengakibatkan perubahan pada bentuk puncak Sinabung.

Perubahan bentuk puncak Sinabung sangat mengkhawatirkan warga. Mereka mendatangi Posko Pemantau Gunung Sinabung di Simpangempat (Kabupaten Karo) untuk mengetahui perkembangan aktifitas dan kondisi Gunung Sinabung. Warga pun dihimbau dengan tegas untuk tidak memasuki kawasan rawan bencana.

Badan Geologi PVMBG yang memantau aktifitas Gunung Sinabung menerangkan, kondisi Sinabung sudah dalam kondisi kritis. Menurut Gede Suantika, pejabat Penyelidikan Gunung Berapi Badan Geologi, teramati guguran dari kawah ke arah Tenggara dengan jarak luncur 500 m. Dari pantauan satelit, magma sudah berada di puncak kawah Gunung Sinabung.

“Suatu saat dapat terjadi letusan besar. Magma berpotensi menyembur keluar hingga terjadi lava dan luncuran awan panas. Di kawasan rawan bencana radius 5 km dari kawah Gunung Sinabung sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa,” papar Gede Suantika.

Leave a Reply