Tanggap Darurat Sinabung Diperpanjang

0
238

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Karena tingginya aktivitas Gunung Sinabung dan tetap dengan status masih Awas, maka masa tanggap darurat diperpanjang kembali dari 22 Desember 2013 hingga 4 Januari 2014.

PVMBG masih menetapkan radius aman lebih dari 5 km dari puncak kawah. Saat ini, jumlah pengungsi mencapai 18.166 jiwa (5.644 KK) tersebar di 31 titik. Belum dapat dipastikan hingga kapan warga harus terus mengungsi. Semua tergantung pada aktivitas Gunung Sinabung.

Pada Minggu Pagi [22-12] terjadi 93 kali gempa dengan frekuensi rendah dan 8 kali gempa guguran. Tentu saja, aktivitas ekonomi dan mata pencaharian masyarakat terganggu dengan hal ini.

Agar ada aktivitas di pengungsian dan masyarakat memperoleh penghasilan, maka sesuai arahan Presiden pada Rapat Terbatas [Selasa 26/11], penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung dilakukan melalui bantuan Cash for Work (CfW). Pengungsi bekerja membangun sanitasi, membangun jalur evakuasi berbasis masyarakat, dan membersihkan lingkungannya yang kemudian diberikan uang lelah Rp 50.000 per KK per hari.

Leave a Reply